Sosialisasi Pengembangan Kurma Aceh di Kampus Umuslim

Kampus Ampon Chiek Peusangan, Sabtu (1/8) Acara Sosialisasi Pengembangan Kurma Aceh di Kampus Umuslim yang disampaikan oleh Dr. Hilmy Bakar. MBA (President Director PT. HABIB BUGAK CORPORA) yang dihadiri Rektor Umuslim Dr. H.Amiruddin Idris, SE., M.Si, serta jajaran Wakil Rektor, Dekan, Kabag, serta Ka. Biro di lingkungan Umuslim.

Provinsi Aceh, di sudut barat Indonesia, memiliki kondisi topografi dan iklim yang ideal untuk pertanian. Bila kita tilik masalah  industri  di Aceh belum benar-benar berkembang dibandingkan di tempat lain seperti Thailand dan Malaysia.

Dengan demikian masih ada daerah yang tersedia lahan yang sangat cocok untuk skala besar di pantai utara dari Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara dan Bireuen, yang semuanya mungkin mirip dengan daerah Sumatera Utara yang bisa dibilang daerah terbaik di dunia untuk industri pertanian.

Untuk itu PT. Habib Bugak Corpora (Al-Hilal International Group) mengajak  Pemerintah Aceh dan kalangan swasta Nasional mendukung untuk mendirikan Group Industri Pertanian dengan tujuan utama untuk membantu korban konflik dan tsunami, terutama dalam industri pertanian. Oleh karena begitu banyak segmen miskin yang kita temui pada penduduk lokal. Pemerintah bertanggung jawab untuk menyediakan mereka  pekerjaan yang berkelanjutan untuk mencapai kemandirian ekonomi.

Sebuah studi kelayakan harus dilakukan untuk menentukan kelayakan proyek yang berkaitan dengan, teknis, pertanian, aspek sosial-ekonomi keuangan. Disarankan agar Pemerintah Aceh dengan dana dari investor potensial untuk melibatkan konsultan profesional untuk melaksanakan penelitian.Yang menarik ketika acara ini berlangsung merupakan hari lahir Sang Pencetus Ide Dr. Hilmy Bakar. MBA.

Pihak Umuslim mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan pihak PT. HABIB BUGAK CORPORA yang bersedia memberikan sosialisasi tentang tanaman kurma untuk ditanam di daerah ini, akan tetapi harus melalui kajian yang mendalam dan menyesuaikan dengan kemampuan finansial pihak Umuslim. (al)