Umuslim bahas kerjasama dengan BPSDM Aceh

Pimpinan Universitas Almuslim  (Umuslim) Peusangan Bireuen melakukan audiensi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, berlangsung di kantor BPSDM Aceh, Jumat (24/4/2021).

Audensi berlangsung penuh keakraban ini, pihak Universitas Almuslim diwakili  Wakil Rrektor bidang Akademik Dr. Halus Satriawan, M.Si , didampingi Wakil rektor Bidang Kemahasiswaan Muliari, S.Kel.,M.Si diterima langsung kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Syaridin S.Pd, M.Pd.

Wakil rektor Umuslim Dr. Halus Satriawan, M.Si menjelaskan bahwa pertemuan dengan jajaran Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, dalam rangka membahas tentang beberapa bentuk kerjasama terutama dalam hal beasiswa, baik beasiswa studi lanjut Dosen (S2 dan S3) maupun untuk mahasiswa (S1).

Menurutnya Umuslim  merupakan sebuah universitas swasta (PTS) milik masyarakat yang berada di sebuah kota kecamatan, di Kabupaten Bireuen. Umuslim pernah dinobatkan sebagai universitas terbaik Aceh tahun 2018 dan 2019 oleh Lembaga layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh.

Tambah Halus Satriawan lagi, bahwa kondisi ekonomi orang tua mahasiswa yang kuliah di umuslim rata-rata kondisinya kurang mampu dan mereka berasal dari berbagai kabupaten/kota di Aceh.

Maka untuk membantu proses pendidikan tersebut, umuslim terus berusaha melakukan berbagai upaya kerjasama dengan sejumlah pihak, guna dapat membantu anak masyarakat kurang mampu memperoleh pendidikan dan menyelesaikan studinya tepat waktu, jelas Halus Satriawan.

Saat ini Universitas Almuslim telah menerima ribuan kuota beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah dan beberapa sumber beasiswa lainnya, baik dari pemerintah pusat maupun pihak swasta.

Semoga dengan kehadiran kami ke BPSDM Aceh ini, dapat terjalin kerjasama sehingga mahasiswa umuslim dapat memperoleh beasiswa Aceh Carong dari Pemerintah Aceh, kita doakan semoga upaya ini cepat terealisasi, sehingga upaya untuk membantu  masyarakat dalam memenuhi pendidikan dapat tercapai, ucap wakil rektor I Halus Satriawan didampingi wakil rektor III Muliari.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh Syaridin S.Pd, M.Pd. menyampaikan bahwa, pihaknya sangat senang dan menyambut baik rintisan kerjasama ini, karena program pemerintah Aceh melalui BPSDM Aceh untuk membantu masyarakat Aceh memperoleh beasiswa pendidikan baik dalam maupun Luar Negeri.

Tahun ini dalam rangka mewujudkan program Aceh Carong, Pemerintah Aceh membuka peluang beasiswa bagi masyarakat Aceh untuk  berbagai jenjang, mulai dari Diploma hingga program Doktoral dengan kuota sebanyak 2.120 calon mahasiswa.

Ini peluang besar bagi universitas almuslim memperoleh beasiswa Aceh Carong yang diprogramkan Pemerintah Aceh, nanti akan ada MoU bentuk kerjasama dengan Universitas Almuslim, silakan bagi putra/putri Aceh  yang memenuhi syarat untuk memperoleh beasiswa dari Pemerintah Aceh, ujar Syaridin, putra kelahiran Jangka ini.(Humas-Umuslim).