Umuslim Kembali tambah dosen lulusan program Doktor (S3)

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, kembali menambah dosen yang bergelar Doktor (S3), setelah pada bulan Agustus 2021, tiga orang dosen tetapnya, berhasil meraih gelar Doktor, setelah mempertahankan disertasinya pada beberapa Universitas.

Adapun tiga dosen tersebut adalah Dr. Najmuddin, MA, berhasil menyelesaikan studinya pada Program studi Doktor pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh, setelah mempertahankan Disertasi berjudul : Kesalehan Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta (suatu penelitian Komparatif Antara Universitas Al Muslim dengan Universitas Gajah Putih).

Najmuddin putra kelahiran desa Pante Baro, kecamatan Peusangan Siblah Krueng tanggal 15 April 1985, telah mengabdi di Universitas Almuslim sejak tahun 2013 sampai sekarang.

Riwayat Pendidikan, Dr.Najmuddin, diawali MIN Lueng Daneun (1997), MTsN Matangglumpang Dua (2000) dan MAN MatangglumpangDua( 2003), setelah itu melanjutkan pendidikan sarjana S-1 IAIN Ar-Raniry ( 2008), S-2 UIN Ar-raniry (2013) dan S-3 (Doktor) UIN Ar-Raniry (2021).

Awal-awal pengabdiannya selain dosen, pernah menjabat beberapa jabatan antara lain Ketua Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Almuslim (2014-2017), Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi Umuslim (2017-2021), Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) (2021 s/d sekarang).

Kemudian Dr.M.Danil, Spd.,MPd merupakan alumni program sarjana (S1) prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Almuslim, setelah itu putra kelahiran Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan, melanjutkan program Magister (S.2) Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Medan (Unimed).

Pendidikan Doktor (S3), anak dari pasangan Abdullah (Ayah) dan ibu Rohama, diraihnya pada program Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Jawa Timur, berhasil mempertahankan disertasinya pada tanggal 20 Agustus 2021.

M.Danil, semasa kuliah sarjana (S1) termasuk salah seorang mahasiswa yang aktip dalam berbagai aktivitas organisasi mahasiswa, dianya pernah menjabat sebagai Sekjen MPM Umuslim (2002), juga pernah aktip sebagai Ketua HMJ Pendidikan Biologi FKIP Umuslim (2003) dan ketua (Gubernur) BEM Fkip Umuslim (2005).

Karena keaktipan dirinya dalam organisasi kampus sehingga M.Danil, mendapat pasangan hidup juga dari mahasiswi satu almamaternya di Umuslim, jodoh dirinya berlabuh pada seorang mahasiswi pendidikan Geografi Fkip Umuslim yaitu Rahmani, S.Pd.

,Atas perkawinanya, mereka sudah dikarunia tiga buah hatinya yaitu Muhhammad Daffa Siddiq, Fatin Sidqia dan Zea Almaira.

Sejak 01 Juli 2021, Dr.M.Danil, Spd.,MPd dilantik menjadi ketua program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim.

Sedangkan dosen Umuslim lainnya yang meraih doktor pada bulan Agustus 2021 adalah Dr. drh. Zulfikar. M.Si, merupakan dosen Umuslim yang ke-28 memperoleh gelar Doktor (S3).

Dr. drh. Zulfikar. M.Si, menyelesaikan pendidikan Doktor di bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) Universitas Sumatera Utara (USU), berhasil mempertahankan disertasinya berjudul ‚ÄĚPengendalian Nematoda Gastrointestinal (NGI) pada Sapi Berbasis Pengelolaan Lingkungan di Provinsi Aceh pada tanggal 25 Agustus 2021.

Ujian Promosi Doktor tersebut dipimpin oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si. Sementara panitia Ujian Promosi diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Sayed Umar, MS, merupakan Guru Besar Bidang Reproduksi Ternak Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian USU dengan anggota drh. T. Reza Ferasyi, M.Sc. PhD dan Dr. Ir. Maruf Tafsin, M.Si.

Sementara panelis penguji terdiri dari Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc, Guru Besar Bidang Mikrobiologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam USU, Dr. Delvian, MP, dari Program Studi PSL USU dan Dr. drh. Muhammad Hambal dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala.

Zulfikar lahir di Matangglumpangdua, 26 Desember 1968. Putra dari H. Abdullah Hasan (almarhum) dan Hj. Cut Latifah (almarhumah) ini menetap di Desa Keude Matangglumpangdua, Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.

Pendidikan SD dan SMP diselesaikan di Matangglumpang Dua, kemudian melanjutkan Sekolah menengah Atas di SMA Negeri 3 Banda Aceh tamat tahun 1987.

Zulfikar memerupakan Sarjana Kedokteran Hewan (SKH) lulusan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah, sekarang USK) tahun 1994, menamatkan pendidikan profesi Dokter Hewan (drh) pada FKH USK, 1996.

Kemudian melanjutkan pendidikan Magister (S2) Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Pascasarjana USK, lulus tahun 2013.
dan gelar Doktor (S3) di bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) diraihnya pada Universitas Sumatera Utara (USU).

Zulfikar selain mengabdi sebagai dosen juga pernah menjabat staf Wakil Rektor III Umuslim (2008-2012), Sekretaris Badan Pelaksana Kuliah Kerja Mahasiswa (Bapel KKM) tahun 2013-2015, Wakil Dekan II (Bidang Administrasi dan Keuangan) Fakultas Pertanian/FP Umuslim (2016-2017), Wakil Dekan I (Bidang Akademik) FP Umuslim (2017-2021), dan Sekretaris Direktur Pacasarjana Umuslim 2021 sampai sekarang.

Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Almuslim Dr.Halus Satriawan,MSi, menyampaikan rasa bahagia dan senangya atas berhasilnya tiga orang dosen Umuslim meraih gelar Doktor (S3), mereka merupakan doktor yang ke 26, 27 dan 28 Umuslim.

Ini tentunya sangat membanggakan kita semua keluarga besar Universitas Almuslim, karena sudah menambah Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengajar yang berkompeten di bidang masing-masing, ucap Halus Satriawan.

Keberhasilan ini merupakan bagian dari parogram peningkatan dan penguatan sumber daya dosen dalam upaya peningkatan mutu lulusan Umuslim di masa yang akan datang, sekarang ada beberapa orang lagi yang sedang menunggu sidang disertasinya, Insya Allah akhir tahun ini akan bertambah dosen bergelar Doktor di Umuslim, ungkap Halus Satriawan. (Humas-Umuslim).