Dosen Umuslim pemateri Bimtek Pengolahan Ikan

Rindhira Humairani Z, S.Pi, M.Si didampingi Kadis Pangan, Kelautan dan Perikanan Bireuen Ir. Muchtar, M. S.i.

Rindhira Humairani Z, S.Pi, M.Si, dosen tetap Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (Umuslim) menjadi pemateri Bimbingan Teknis (Bimtek) pengolahan ikan berupa pembuatan Surimi dan produk turunannya yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bireuen, Kamis (11/11).

Menurut Rindhira Humairani Z, kegiatan dilaksanakan Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bireuen, melatih Ibu Rumah Tangga (IRT) dan pengurus PKK tentang tata cara pengolahan ikan berupa pembuatan surimi dan produk turunannya.

Menurutnya surimi adalah kata serapan dari bahasa Jepang, yaitu pasta ikan/hancuran daging ikan yang diadon dan dibekukan, biasanya untuk bahan dasar pembuatan produk-produk olahan hasil perikanan seperti kamaboko, nuget, bakso, kokien, isian dimsum, dan lainnya, jelas Rindhira Humairani.

Tambah Rindhira Humairani lagi, kegiatan bertujuan untuk mengenalkan proses pengolahan surimi kepada masyarakat, agar tercipta usaha dengan inovasi baru, sehingga terjadi peningkatan nilai tambah dan nilai jual produk perikanan, selain itu untuk membudayakan masyarakat memanfaatkan hasil perikanan sebagai bahan baku produk diversifikasi hasil perikanan,ungkapnya.

Kegiatan Bimtek berlangsung di aula Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan kabupaten Bireuen, diikuti sebanyak 40 Ibu Rumah Tangga (IRT) dan pengurus PKK dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bireuen, dibuka Kadis Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bireuen Ir. Muchtar, M. S.i.

Bimtek dibuka kepala Dinas, selain peserta juga turut dihadiri, sekretaris dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Rusdianto, S.Pt, kabid Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan, Syarifuddin, SP, M.S.M.(Humas-Umuslim)