Sehari Menjadi DPRK ala Mahasiswa HI

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) fakultas Ilmu social dan Politi (Fisip) Universitas Almuslim melaksanakan program simulasi praktek menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Untuk suksesnya program tersebut dalam prakteknya mereka berkolaborasi dengan sekretariatan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bireuen bertempat di Gedung dan kantor DPRK Bireuen, Kamis (02/01/2022).

Adapun sitem yan dipraktekkan, awalnya sebelum terpilihnya 12 Anggota DPRK yang akan menjabat sebagai anggota DPRK Bireuen selama satu hari.

Ada sebanyak 37 peserta yang mendaftar dari beberpa kampus baik Universitas, Institut, akademi maupun Sekolah Tinggi yang ada di Kabupaten Bireuen.

Kemudian peserta dites dan harus melewati beberapa tahapan seleksi seperti Administrasi, Wawancara, dan Motivation Letter,jelas ketua panitia, Henny Wahyu Hastari .

Tidak hanya itu seluruh peserta juga diberikan akses untuk mengikuti Seminar Pemerintahan dengan pemateri Dekan FISIP Universitas Almuslim Rahmad, S.Sos., M.AP dan Adri Patria, S.IP., M.A selaku Kaprodi Ilmu Administrasi Publik FISIP Universitas Almuslim

Dalam seminar ini bakal calon Anggota DPRK Bireuen diberi bekal serta pengetahuan seputar dunia politik dan pekerjaan sebagai DPR.

Selain itu kegiatan juga melibatkan langsung Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos, Wakil Ketua I DPRK Bireuen,

Syauqi Futaqi, S.Fil, Wakil Ketua II DPRK Bireuen, Suhaimi Hamid, S.Sos, dan beberapa Anggota DPRK Bireuen, yang hadir.
Menurut Muhammad Achdan Tharis, kegiatan juga menjadi ajang diskusi serta penyampaian suara masyarakat yang diwakilkan oleh 12 Anggota DPRK Bireuen yang terpilih melalui kegiatan sehari menjadi DPR.

Selanjutnya pada siang hari 12 Anggota DPR terpilih menjalankan reses kepada organisasi masyarakat wanita di daerah Jeunieb.
Pada kegiatan reses ini, ke-12 dewan di tuntut untuk dapat mendengar aspirasi masyarakat, mencari solusi, serta membentuk suatu organisasi yang nantinya bisa ditindaklanjuti oleh DPRK Bireuen, jelas ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Almuslim Muhammad Achdan Tharis.

Ketua Panitia, Henny Wahyu Hastari mengungkapkan bahwa “kegiatan ini bertujuan sebagai ajang kepada mahasiswa untuk bisa lebih mengenal aktor politik dan mengetahui bagaimana menjadi seorang DPR selama sehari.

Nantinya dari program ini diharapkan mahasiswa bisa lebih kritis dan mampu berbaur kepada masyarakat”ujar Henny.
Pada kesempatan tersebut Muhammad Achdan Tharis mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas terlaksanany kegiatan ini.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, karena pada akhirnya hal ini bisa berjalan dengan sukses, terimakasih kepada DPRK Bireuen yang telah menerima serta memfasilitasi berjalannya kegiatan ini.

Sebagai anak sosial, inilah laboratorium dalam mengasah jiwa sosial kita, selain itu, saya merasa dari kegiatan inilah mahasiswa akan menjadi akrab bukan hanya kepada masyarakat namun juga kepada para dewan yang merupakan perwakilan suara kita” tambah Fauzi, S.IP., M.A selaku ketua prodiHI.

Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos berharap kegiatan ini bisa menjadi langkah awal perubahan intelektual mahasiswa di Kabupaten Bireuen, selain itu semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan, kami selalu siap untuk menerima para anggota legislatif yang terbentuk dari kegiatan ini kedepan.

Adapun 12 mahasiswa yang menjadi Anggota pura-pura DPRK dalam praktek ini adalah: Abdul Aziz Maulana, Ridha Akmal, Abdul Kadir, Imam Muhajir, Munawir, Muhajir, Risma Maulina, Aqil Faza Saifullah, Amelia Rizkiani, Dinnie Anjelia, Mirda, Zahratul Husna.(Humas-Umuslim)