Mahasiswa KKM Umuslim di Aceh Tengah di jemput Kembali ke Kampus

Sebanyak 480 mahasiswa Universitas Almuslim ( Umuslim) Peusangan Bireuen, yang melaksanakan pengabdian Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Angkatan XXIV di Kabupaten Aceh Tengah kembali ke kampus.

Prosesi penyerahan kembali mahasiswa KKM Umuslim dilakukan Plt Bupati Aceh Tengah diwakili Sukirman, S.STP.M.Ec.Dev, Asisten Administrasi Umum Pemkab Aceh Tengah, kepada rektor Universitas Almuslim diterima wakil rektor bidang Kemahasiswaan Umuslim Dr Drh Zulfikar,MSi, berlangsung di Lapangan Sekretariat Daerah Kantor Bupati Aceh Tengah, Selasa (21/2/2023).

Rektor Universitas Almuslim, diwakili Warek bidang kemahasiswaan pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Aceh Tengah atas kesediaan dan kerelaannya menerima mahasiswa Universitas Almuslim untuk melaksanakaan KKM di daerah tersebut.

Menurut Rektor selama pelaksanaan KKM dilapangan, peserta tinggal di lokasi bersama masyarakat, tentunya banyak hal dilakukan mahasiswa.

Untuk itu pihaknya memohon maaf sebesar-besarnya kepada pemerintah dan masyarakat Aceh Tengah, apabila selama satu bulan keberadaan mahasiswa ada hal-hal yang tidak berkenan atau menyingung perasaan masyarakat.

“Maklumlah mahasiswa adalah anak muda yang masih banyak butuh pembinaan dan pembelajaran dari kita semua” ujarnya.

Sedangkan Sukirman, S.STP.M.Ec.Dev,ataas nama pemerintah Aceh Tengah juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas Almuslim Peusangan Bireuen yang telah memilih kabupaten berhawa dingin tersebut sebagai lokasi pengabdian mahasiswa.

Harapannya agar apa yang telah diperbuat oleh mahasiswa, khususnya bidang program pengaktipan web Sigap kampung dapat difungsikan.

“Melalui camat saya titipkan agar program web yang sudah dirintis adaik-adik mahasiswa, bisa dilanjutkan pihak kampung, agar lebih sempurna dan bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah Aceh Tengah”, harapnya.

Kepada peserta KKM, Sukirman, S.STP.M.Ec.Dev, juga berharap agar mahasiswa dapat mengenang yang baik-baik selama berbaur dengan masyarakat di kampung, tinggalkan yang tidak baik, pinta Asisten Administrasi Umum Pemkab Aceh Tengah.

Kemudian secara terpisah
Ketua panitia KKM Drs.Syarkawi,M.Ed, menjelaskan peserta KKM angkatan XXIV berjumlah 480, terdiri 116 laki-laki dan 364 orang perempuan, berlangsung selama 30 hari, sejak tanggal 23 Januari dan berakhir 21 Februari 2024.

“Alhamdulillah, hari ini berakhir dan kita jemput untuk kembali ke tempat masing-masing dan nantinya mereka diwajibkan untuk mempersiapkan laporan”.

Setelah itu tentunya mereka akan mengikuti rutinas kembali sebagai mahasiswa/i”, ujar Syarkawi.

Sebelum penjemputan, minggu terakhir mereka juga sudah dikunjungi tim Monev yang dibentuk Universitas terdiri dari Jamaluddin SE M.Si Ak CA di kecamatan Kebayakan, Dr. Ir. Romaynoor Ismy, MT., IPM., ASEAN.Eng, kecamatan Bintang, Riyadhul Fajri, SSt,M.Kom, kecamatan Pegasing, M.Taufiq, MPd di kecamatan Lut Tawar, Dr.Elfiana,MSi, kecamatan Bebesen dan Dr Sri Wahyuni, MSI Kecamatan Bies, urai Syarkawi

Acara seremoni penjemputan turut dihadiri sejumlah perangkat pejabat daerah dan Camat lokasi KKM mahasiswa.

Sedangkan dari Universitas Almuslim selain wakil rektor III, juga turut hadir Bapel, panitia pelaksana Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Angkatan XXIV, sejumlah dekan dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). (Humas-Umuslim).