Sejumlah Guru Besar dari Unimed jadi pemateri Pelatihan Pekerti -AA di Umuslim

Sejumlah guru Besar dan pakar pendidikan dari Universitas Negeri Medan (Unimed) ikut menghadiri pembukaan dan menjadi pemateri pelaksanaan pelatihan program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA), yang dilaksanakan Universitas Almuslim berlangsung pada tanggal 17, 18, 20 dan 21 Mei 2024, bertempat di RKU Kampus Timur Universitas Almuslim.

Acara pembukaan pelatihan selain pemateri, juga hadir sejumlah guru besar dan pakar pendidikan dari Universitas Negeri Medan (Unimed) antara lain Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, (Ketua Senat Universitas Negeri Medan)Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si, (Sekretaris Senat Universitas Negeri Medan), Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si ( Wakil Rektor Bidang Akademik), Dr. Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si, ( Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ) dan Prof. Dr. Marice, M.Hum (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan), Prof. Dr. Erond Litno Damanik, S.Pd., M.Si (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat), Prof. Dr. Budi Valianto, M.Pd (Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan), Prof. Dr. Imran Akhmad, S.Pd., M.Pd (Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan).

Menurut laporan ketua panitia Dr. Rambang Muharramsyah, SPd.,MPd, kegiatan pelatihan program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA), terlaksana berkat kerjasama Universitas Almuslim dengan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Kegiatan berlangsung selama 4 hari diikuti sebanyak 54 peserta terdiri dari dosen tetap Universitas Almuslim, juga dari luar Universitas Almuslim, pemateri semuanya berasal dari Universitas Negeri Medan (Unimed) seperti Prof.Dr. Baharuddin, M.Pd, Prof.Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Prof.Dr. Restu, MS, Prof.Dr. Martina Restuati, MSi, Prof.Drs. Motlan, M.Sc., PhD dan Prof. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd.

Kegiatan dibuka Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,MPd pada kesempatan tersebut mengucapkna terima kasih kepada rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) dan seluruh guru besar yang ikut berhadir di Universitas Almuslim.

“Kami sangat berterimakasih dan rasa bangga atas kehadiran dan dukungan bapak/ibu guru kami pakar bidang pendidikan dari Unimed yang telah berhadir di kampus Universitas Almuslim yang berada di kampung, jauh dari hiruk pikuk kota besar”,ungkap Dr.Marwan,MPd.

Menurut Dr.Marwan,MPd, pelatihan Pekerti -AA di Umuslim merupakan angkatan ke tiga dilaksanakan bekerjasama dengan Unimed.

Pelatihan Pekerti-AA ini, sangat penting dan baik bagi dosen, sesuai Undang-Undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 dan Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, ujar rektor Umuslim.

Kami telah mengintruksikan semua dosen yang sudah ada NIDN untuk mengikuti pelatihan Pekerti-AA, karena pelatihan ini bertujuan mendukung dosen meningkatkan kapasitas diri menuju dosen profesional, ujar Dr.Marwan,MPd.

Kemudian Rektor Unimed Prof.Dr. Baharuddin, M.Pd diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si pada kesempatan tersebut menyampaiakn bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani antara Unimed dengan Umuslim.

Menurutnya kedepan implementasi MoU tersebut tidak hanaya pelatihan program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA), tetapi juga akan dilanjutkan dengan program bersama bidang Tri dharma PT yang dapat mendukung capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan MBKM.

Kedepan mungkin Unimed dan Umuslim bisa bekerjasama dalam hal pelaksanaan Program Profesi Guru (PPG), karena pelaksanaan PPG mempunyai visi dan modul yang sama, jelasnya.

Usai pembukaan juga dilakukan penandatangan naskah kerjasama pelaksanaan pelatihan program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) dan Applied Approach (AA), masing-masing ditandatangai oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unimed Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si dan rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd.

Adapun materi yang dibahas dalam pelatihan tersebut antara lain Isu pengelolaan mutu Perguruan tinggi pada Revolusi industri 4.0 dan Society 5.0, Strategi implementasi program MBKM, kompetensi pedagogis, merancang pembelajaran, mengelola pembelajaran, menilai pembelajaran, memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial dan sjumlah materi yang relevan lainnya. (Humas-Umuslim).