Dosen dan Mahasiswa Kebidanan Lakukan Kegiatan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak di TK Negeri An-Nabawi

Dosen dan mahasiswa Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim Peusangan melakuakn program pengabdian berupa pemantauan tumbuh kembang anak dengan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) di UPTD TK Negeri An-Nabawi Desa Uteuen Gathom Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen., Selasa, (07/05/2024).

Kegiatan merupakan salah satu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, sekaligus kuliah lapangan mata kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus, Balita dan Anak Prasekolah bagi mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim.

Kegiatan dalam rangka kuliah lapangan mahasiswa Prodi D-III Kebidanan, program SDIDTK merupakan salah satu kegiatan pemantauan tumbuh kembang pada balita usia 0-72 bulan, untuk mengetahui adanya penyimpangan tumbuh kembang pada anak usia tersebut.

Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini dapat terdeteksi secara dini penyimpangan pertumbuhan anak seperti gizi buruk atau stunting.

Kegiatan diikuti sejumlah mahasiswa didampingi dosen Fakultas Kesehatan Agustina, S.SiT., MKM dan Irma Fitria, SST., M.Keb., serta dewan guru TK setempat.

Pihak sekolah mengapresiasi kegiatan dilaksanakan Mahasiswa dan Dosen Prodi D3 Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami kami dan anak-anak disini. Kami mengharapkan untuk ke depan kegiatan di sekolah ini tidak hanya dilakukan sekali saja, dan berharap ada kegiatan pendampingan bagi guru-guru disini ”, Ungkap Mardani,SPd.

Dosen Pendamping Agustina, S.SiT., MKM., pada kesempatan menyampaikan, “Kegiatan sangat bermanfaat untuk dapat terdeteksi secara dini penyimpangan pertumbuhan anak seperti gizi buruk atau stunting.”.

Siswa TK yang mengikuti kegiatan sebanyak 20 orang. Pemantauan SDIDTK dilakukan mahasiswa didampingi dosen dan guru meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan perkembangan anak.
Harapan kami program pengabdian ini dapat bermanfaat dan kerjasama terus berlanjut untuk proramg lainnya, ujar Irma Fitria salah seoarng dosen yang terlibat. (Humas-umuslim).