Mahasiswa Fisip Umuslim Fild Triep ke DPRK Bireuen

Puluhan mahasiswa Prodi Administrasi Publik Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan berkunjung ke gedung DPRK Bireuen untuk melaksanakan kegiatan Fild Triep atau study banding dengan tema “Sekolah Parlemen”, Rabu, (03/6/2024).

Kedatangan mahasiswa Fisip umuslim tersebut disambut Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos, bertempat di ruang Banmus DPRK Bireuen.

Menurut dosen pendamping Fitri Ernalis, kedatangan mahasiswa Fisip Program Studi Administrasi Publik dalam rangka studi di parlamen, guna menambah wawasan.

“Selama ini kami belajar di ruangan, diberangi praktek. Namun hari ini kami melakukan kujungan sambil belajar tentang proses dan fungsi parlemen termasuk sistim penganggaran untuk daerah melalui perlemen ini,” jelas Fitri Ernalis

Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan pemahaman kami mengenai fungsi dan peran parlemen dalam sistem pemerintahan, serta meningkatkan partisipasi kami dalam proses demokrasi.

Kami merasa sangat terhormat dapat diterima di gedung yang menjadi pusat pengambilan keputusan penting bagi daerah ini.

Kehadiran kami di sini mencerminkan komitmen kami untuk belajar dan berkontribusi lebih baik bagi masyarakat, ungkap seorang peserta dari Fisip Umuslim.

Sementara itu, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, S.Sos yang juga alumni Fisip Umuslim didampingi anggota DPRK, Teuku Mubaraq dari Fraksi Golkar menyambut baik kedatangan mahasiswa Fisip Umuslim.

Pihaknya sangat terbuka kepada siapa saja yang ingin datang dan berjumpa dengan kami, gedung ini adalah gedung rakyat, jadi silakan saja datang, ujar Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos yang sering disapa Ceulangiek.

Dalam pertemuan tersebut terjadi dialog antara mahasiswa dengan anggota DPRK Bireuen,pada kesempatan tersebut Rusyidi Mukhtar ikut menanggapi sejumlah pertanyaan dari mahasiswa, terkait tugas, peran serta anggota dewan.

Dalam pertemuan tersebut ketua DPRK Bireuen juga ikut menjelaskan fungsi Fraksi, komisi dan tentang badan anggaran, badan musyawarah serta bahasan rancangan sampai lahirnya sebuah qanun daerah.

Selain menjawab sejumlah pertanyaan dari mahasiswa, ketua DPRK juga ikut menyampaikan berbagai tugas lain yang selama ini dilakuakan anggota DPRK di parlemen.

Usai pertemuan dosen pendamping mahasiswa Fisip Umuslim Fitri Ernalis, mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRK Bireuen beserta seluruh anggota yang telah menerima rombongan dengan sangat bersahabat dan penuh kekuluargaan.

Semoga kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa seagai sarana belajar dan berkomunikasi langsung dengan perwakilan masyarakat di palemen, ujar Fitri Ernalis.. (Humas-Umuslim)