Umuslim raih Serambi Award Kategori PTS Terbaik Aceh

Universitas Almuslim (Umuslim) yang merupakan sebuah Perguruan Tinggi swasta berlokasi di Matangglumpangdua, Peusangan, Bireuen berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Serambi Indonesia Awards 2024 kategori Perguruan Tinggi Swasta Terbaik (PTS) Aceh.

Penghargaan diserahkan Pemimpin Perusahaan Harian Serambi Indonesia Moh.Din dan Sekretaris Redaksi Harian Serambi Indonesia Bukhari M.Ali pada malam puncak penganugerahan Serambi Awards 2024 berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat malam (31/5/2024).

Puncak penganugerahan turut dihadiri PJ Gubernur Aceh, Unsur Forkopimda Aceh beserta unsur SKPK dan perwakilan Industri dan Beberapoa perusahaan terkemuka di Provinsi Aceh berlangsung meriah.

Serambi Awards merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan Harian Serambi Indonesia sejak 2020. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi Serambi Indonesia bagi berbagai pihak yang telah memberikan pengaruh terhadap daerah khususnya Aceh. Tahun ini Serambi Awards mengangkat tema “Sinergi Membangun Negeri”.

Ketua Panitia Serambi Awards 2024, Firdaus Darwis mengungkapkan, ada 56 penerima Serambi Awards 2024 yang diberikan kepada mereka yang terdiri dari berbagai instansi dan lembaga, baik dari pemerintah, perguruan tinggi, hingga perusahaan dan lembaga keuangan.

“Sebelumnya kita sudah lakukan penjaringan. Dari sekian banyak yang kita jaring, ada 56 penerima Awards tahun ini,” ungkap Firdaus.

Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,MPd mengucapkan syukur atas penghargaan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada harian Serambi indonesia atas penilaian dan amatan dari Harian Serambi Indonesia yang merupakan media grup tribun dan terbesar di Aceh atas berbagai hasil dan prestasi yang dilakukan Umuslim selama ini.

Penghargaan sebagai bentuk apresiasi diberikan Harian Serambi Indonesia kepada Umuslim karena dianggap Umuslim salah satu PTS yang beberapa tahun belakangan mempunyai keunggulan dan kelebihan dari beberapa PTS lain.

Sebelumnya Umuslim juga telah berhasil mempertahankan predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik Se-Aceh katagori Universitas pada tahun 2020, 2022, dan 2023, setelah sebelumnya pada 2018 dan 2019, PTS Terbaik Aceh juga menjadi milik Umuslim.

Penghargaan sebagai PTS Terbaik Aceh Tahun 2023 diserahkan Kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh, Dr Ir Rizal Munadi MM MT, kepada Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd, di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Medan, Sumatera Utara, pada 1 Desember 2023.

“Alhamdulillah tahun ini kembali Umuslim mendapat penghargaan Serambi Indonesia Award katagori PTS Terbaik Aceh, Ungkap Marwan.

“Kami berserta seluruh civitas akademika bahu membahu terus membenahi dan memperbaiki berbagai kekurangan menuju pengelolan akademik pada tingkat profesional sesuai harapan dari program MBKM yang dicanangkan pemerintah, ungkap Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd.

Universitas Almuslim merupakan salah satu PTS di Aceh yang mengalami perkembangan mengembirakan baik dari segi fasilitas, peningkatan akreditasi program studi (prodi) maupun institusi, serta jumlah tenaga pengajar dan mahasiswa yang meningkat. Sekarang, Umuslim memiliki 8180 mahasiswa aktif, 158 karyawan, 243 dosen (terdiri ataslulusanS2 dan S3), sertasudah melahirkan ribuan sarjana.

Universitas Almuslim saat ini mempunyai tujuh fakultas, 28 prodi S1 dan D3, empat program studi magister (S2), satu program Profesi bidan (S1) dan satu Program Profesi Guru atau PPG.

Adapun fakultas dan prodi di Universitas Almuslim yaitu Fakultas Pertanian (FP) (S1) ada 6 prodi, yaitu Agroteknologi, Peternakan. Agribisnis, Akuakultur, Kehutanan, Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) (S1) memiliki 9 prodi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bhs. Indonesia,Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, PGSD,PG PAUD.

Kemudian Fakultas Teknik (FT) (S1), tiga prodi yaitu teknik Sipil, Arsitektur (S1),Ilmu Lingkungan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) (S1) tiga prodi yaitu Administrasi Bisnis, Administrasi Publik (SI),Ilmu Hubungan Internasional.

Fakultas Ekonomi(FE) (S1) dua prodi yaitu Ekonomi Pembangunan dan prodi Manajemen Ritel.
Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM)(S1) mempunyai dua prodi antara lain Informatika dan Informatika Medis (S1).

Fakultas Kesehatan (S1 & DIII), antara lain prodi Kebidanan (SI),Pendidikan Profesi Bidan (Profesi) dan Diploma III Kebidanan.

Sedangkan Pascasarjana (S2) mempunyai tiga prodi yaitu prodi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (S2),Pendidikan llmu Pengetahuan Sosial(S2),Administrasi Pendidikan (S2) dan Pendidikan Dasar (S2).

Untuk Pendidikan Profesi Guru (Profesi) ada 5 program yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika,Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi. (Humas-Umuslim).