Mahasiswa FE Umuslim Kuliah Kerja Praktek (KKP) di sejumlah instansi dan perusahaan

Sebanyak 24 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim (FE Umuslim), melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ata magang pada sejumlah instansi dan perusahaan.

Desmikian disampaikan Kaprodi Ekonomi Pembangunan Universitas Almuslim M. Saleh, SE, M.Si, Kamis, (11/7/2024).

Menurut M.Saleh, ke 24 mahasiswa yang melaksanakan KKP berasal dari prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim tahun masuk 2022.

Pada semester enam, mereka diwajibkan melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ke sejumlah perusahaan atau instansi baik instansi pemerintah dan swasta, sebagai perwujudan implementasi program MBKM.

Harapannya semoga adanya Kuliah Kerja Praktek (KKP) , mahasiswa nantinya dapat mempelajari pengalaman lapangan dan menyesuaikan keilmuan yang telah didapat selama mengikuti perkuliahan, jelas M.Saleh.

Menurut ka prodi Ekonomi pembangunan FE Umuslim, sebelum diterjunkan ke lokasi, mahasiswa terlebih dahulu mendapat
Pembekalan beberapa pengetahuan dan informasi berkaitan tempat Kuliah Kerja Praktek (KKP).

Selama di KKP ,mahasiswa akan didampingi sejumlah dosen pembimbing, sesuai keilmuan mahasiswa yang di asuh.

Kemudian Wakil Dekan I FE Umuslim, M. Rasyidin, SE, M.Sc, AFA, yang menjadi Koordinator pelaksana kegiatan KKP semester genap 2024 menyebutkan, lokasi penempatan peserta Kuliah Praktek ataupun magang ini, akan ditempatkan di sejumlah instansi pemerintah.

Adapun lokasinya antara lain Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPT) Kabupaten Bireuen, Kantor Pelayanan Pajak Pratama, Bank Aceh Cabang Bireuen, dan BPN Bireuen.

Kemudian ada 5 mahasiswa ditempatkan di Bappeda Pidie Jaya, serta 3 orang pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset Daerah (DPKAD) Kab Aceh Tengah, urai rasyidin.

Salah seorang peserta Hanifatun Nufus, yang melakukan praktek di kantor PUPR Bireuen, menyatakan, “Alhamdulillah sejak beberapa hari lalu kami bertiga, mulai praktek di bagian Umum pada kantor PUPR”.

Kami sangat senang bisa praktek disini, kami disambut sangat baik oleh pegawai kantor PUPR Kabupaten Bireuen, semoga kami bisa melaksanakan dengan baik, ujar Nufus.

Sementara itu, Nazar Rianza dengan lima temannya, yang praktek di kantor Pelayanan Pajak Pratama Bireuen, selama 2 bulan.

“ saya sangat antusias praktek disi, kami bisa mempelajari lebih detil tentang perpajakan, bidang perpajakan memang salah satu penunjang konsentrasi yang ada pada program studi Ekonomi Pembangunan, jelas nazar diamini sejumlah teman lainnya.(Humas-Umuslim).