Dosen UmuslimTerima Pendanaan ProgramPengabdian kepada Masyarakat Tahap Kedua Tahun Anggaran 2024

Baru beberapa minggu Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen Dr. Marwan, M. Pd menandatangani kontrak hibah 39 proposal Penelitian dan Pengabdian masyarakat dosen Universitas Almuslim pendanaan tahap pertama, bertempat di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh, Selasa (2/7/2024).

Kembali dua dosen Universitas Almuslim dinyatakan mendapatkan Penerima Pendanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Tahap Kedua Tahun Anggaran 2024.

Informasi tersebut diperoleh berdasarkan Pengumuman Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran 2024, dengan Nomor : Manual. 164/E5/DT.05.00/2024, tanggal 15 Juli 2024, tentang daftar Penerima Pendanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Tahap Kedua Tahun Anggaran 2024.

Adapun proposal pendanaan tahap kedua ini atas nama M Rasyidin jenis hibah Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM), dengan judul proposal Transformasi Pemasaran Digital BUMDES Malaka Usaha Pengolahan Pakan Ikan Terapung Berbasis Blue Economy sebagai upaya peningkatan Produk Unggulan Desa (PRUDES).

Kemudian Syifa Saputra jenis hibah Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul proposal Penguatan Peran Perempuan dalam Lembaga Pengelolaan Hutan Desa Kampung Waq Pondok Sayur untuk Mendukung Ekoeduwisata Berbasis pada Green Ekonomi Berkelanjutan.

Dalam surat pengumuman Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) mengucapkan terima kasih kepada para pengusul yang telah berpartisipasi dan selamat kepada para penerima pendanaan program pengabdian kepada masyarakat tahap kedua tahun anggaran 2024.

Seperti diketahui pada pengumuman tahap pertama, sejumlah dosen dosen Universitas Almuslim berhasil memenangkan sejumlah hibah penelitian dan pengabdian masyarakat tahun anggaran 2024 dengan berbagai skema, adapun rinciannya sebagai berikut.

Skema Penelitian Fundamental – Reguler (PF-R) : 11 judul, Penelitian Kerjasama – Dalam Negeri (PK-DN) : 1 judul,Penelitian Tesis Magister (PTM) : 4 judul, Penelitian Dosen Pemula (PDP) : 19 judul dan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) : 4 judul.

Rektor Umuslim Dr. Marwan, M. Pd mengucapkan syukur Alhamdulillah, atas capaian diperoleh dosen Umuslim mendapatkan hibah Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat baik tahap pertama maupun tahap kedua yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran 2024.
tahun ini.

Semoga ini bisa menginspirasi dan memotivasi dosen lain yang belum berhasil, agar mereka lebih giat melakukan penelitian, yang merupakan salah satu kewajiban dosen dalam implementasi Tridarma Perguruan Tinggi, ujar Dr.Marwan, MPd.

Ini semuanya berkat ketekunan dan keseriusan dosen yang pantang mundur dalam melakukan penelitian, sebagai implementasi dari Tri Dharma perguruan tinggi, ungkapnya.

“Kami pimpinan terus mendukung dan memberikan fasilitas terutama pelaksanaan workshop dan pelatihan dengan mengundang narasumber dan pakar dari luar kampus kita, hal ini untuk tercapainya target jumlah penelitian dan pengabdian bagi dosen Umuslim”, ungkap Dr.Marwan,MPd. (Humas-Umuslim).