Umuslim teken MoU dengan Pemkab Aceh Tamiang

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, menandatangani naskah kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, bertempat di aula setdakab Aceh Tamiang, Rabu (24/7/2024).

Penandatangan naskah MoU tersebut, ditandatangai masing-masing pihak, Universitas Almuslim diteken Dr.Marwan,MPd, selaku rektor Umuslim, sedangkan dari Pemerintah kabupaten Aceh Tamiang oleh Pj Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra.

Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan,MPd, dalam sambutannya menyampaikan, penandatanganan MoU bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Aceh Tamiang, serta meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) lulusan Perguruan Tinggi minimal Sarjana (S1) dan Magister (S2).

Hal ini juga sesuai harapan dan tujuan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang dilaksanakan Umuslim.

Selain itu juga sebagai kajian dan riset bersama, dan strategi pengendalian inflasi dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan perekonomian masyarakat, ujar Marwan.

Menurut Dr. Marwam, M.Pd., menjadikan universitas maju, tentu tidak dapat berdiri sendiri, melainkan perlu kerjasama dan kolaborasi, baik dengan perguruan tinggi lain maupun dengan pemerintah daerah.

Adanya kolaborasi tersebut sehingga nantinya akan terciptanya pertukaran ide dalam pengetahuan, yang dapat membawa manfaat bagi semua pihak, khususnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat”.

PJ Bupati Aceh Tamiang Drs Asra, menyambut baik adanya kerja sama dengan Umuslim, dengan harapan nota kesepakatan yang secara prinsip subtansi telah disepakati bersama ini, dapat segera ditindaklanjuti atau diimplementasikan.

“Karena niat baik kita semua, yang termanifestasi di dalam Nota Kesepakatan telah diformalisasi, dapat secara nyata membawa manfaat dan kebaikan bagi semua, ujar Drs Asra.

Adanya kerjasama ini, diharapkan bisa menjadi satu kesempatan baik untuk peningkatan pengetahuan dan pendidikan masyarakat dalam mengikuti perkembangan zaman,” ujar Drs Asra yang baru beberpa minggu menjabat sebagai PJ Bupati Aceh Tamiang.

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan sejumlah pejabat Aceh Tamiang seperti Drs. Tri Kurnia (Pj Sekda Aceh Tamiang), Drs Maddiah,MPd (staf ahli bidang Pemerintahan,Hukum dan politik), Drs Sepriyanto (staf ahli Kemasyarakatan dan SDM) dan sejumlah kepala SKPK Pemerintah Aceh Tamiang.

Sedangkan dari Umuslim turut dihadiri Wakil Rektor II, Sonny M. Ikhsan, SE., M.Si. Dr. Saiful Bahri, M.Pd, Plt. Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana, Dr. Yulia Santi, M.Pd Ketua Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Muhammad Haris Mustaqim, S.Pd.,M.Pd,Kasubbag Akademik Program Pascasarjana dan Dr. Hera Yanti, M.Ps, (Ketua Gugus Kendali Mutu).

Usai penandatanganan MoU dilanjutkan penyerahan bungong jaroe dari masing-masing pihak.(Humas-Umuslim).