KKM Umuslim Angkatan XXV dilaksanakan di Bener Meriah

Pelaksanaan pengabdian program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim Angkatan XXV Tahun Akademik 2024/2025, dilaksanakan di Kabupaten Bener Meriah.

Demikian disampaikan ketua panitia pelaksana KKM Universitas Almuslim Angkatan XXV Tahun Akademik 2024/2025, Drs Syarkawi, M.Ed, dalam laporannya saat pembukaan pembekalan peserta KKM bertempat di Ruang Kuliah Umum (RKU) 1 kampus timur Umuslim, Rabu (31 Juli 2024).

Menurut Syarkawi, mahasiswa sebelum ditempatkan dilokasi pengabdian mereka wajib mengikuti pembekalan selama 3 (tiga) hari ( 31 Juli s.d 02 Agustus 2024), untuk menerima sejumlah materi baik materi umum ataupun khusus dari para pakar.

Peserta pembekalan sebanyak 111 orang (34 laki-laki dan 77 perempuan), mereka berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 17 orang, Fakultas Teknik (10), Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) 43, Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) 22 orang, Fakultas Ekonomi 5 orang, dan Fakultas Pertanian 14 orang, rinci Syarkawi.

Mereka akan ditempatkan pada 24 kampung di dua kecamatan yaitu Kecamatan Bukit dan Wih Pesam (masing-masing 12 Kampung).

Peserta KKM akan berada dilokasi penempatan selama 30 hari, terhitung mulai tanggal 12 Agustus sd 10 September 2024 jelas Syarkawi.

Setiap Kampung kita tempatkan antara 4-5 orang mahasiswa dari berbagai program studi, selama di lokasi mereka akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), jelas Syarkawi.

Jumlah DPL yang merupakan dosen tetap Universitas Almuslim, seluruhnya 6 orang, seorang DPL akan mensupervisi 4 kampung, rinci Drs.Syarkawi.


Selain itu panitia juga akan menugaskan tim monitoring dan evaluasi terdiri dari unsur pimpinan dekanad akan melaksanakan monitoring dan evaluasi pada minggu terakhir dari kegiatan KKM di lapangan,” ujar Syarkawi.

Pembekalan KKM angkatan XXV dibuka Rektor Umuslim Dr Marwan, MPd diwakili Wakil Rektor bidang akademik Dr.Halus Satriawan,MSi.

Wakil rektor bidang akademik Dr.Halus Satriawan,MSi dalam sambutannya menyampaiakan program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan implementasi Tri dharma Perguruan Tinggi.

Program pengabdian KKM di Bener Meriah mengambil tema “Membangun kesejahteraan masyarakat melalui optimaliassi pendidikan, kesehatan, teknologi informasi, ekonomi dan sosial”,, nantinya mahasiswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif di lokasi KKM dengan membantu profil kampung, dengan membangun sistem informasi desa dan program lainnya,karena sesuai program di dinas Provinsi Aceh bagaimana desa itu memiliki sistem informasi pusat data, harap Warek I Umuslim.

Sehingga data yang ada di desa itu dapat menjadi data base nasional, ini yang kita bantu dengan kegiatan KKM, untuk fokus program data desa sudah kita lakukan sejak tiga tahun terakhir yaitu di Pidie Jaya, Takengon, tahun ini di Bener Meriah ” jelasnya.

Maka untuk itu kami mengharapkan kepada adik-adik mahasiswa agar dapat mengikutinya dengan mempersiapkan diri, agar bisa beradaptasi dengan lingkungan lokasi penempatan sehingga dapat membantu masyarakat dalam memecahkan masalah di kampung (desa).

Jaga diri dan hindari konflik dengan masyarakat, selama ini penempatan mahasiswa KKM Umuslim di tanah gayo tidak ada masalah apa-apa, ini berarti masyarakat menerima dengan baik kehadiran mahasiswa Umuslim, harap Halus Satriawan.

Bahkan mahasiswa saat KKM di tanah gayo, kalau sudah selesai KKM, waktu pulang kembali ke kampus mendapat berkah dengan sejumlah oleh-oleh pemberian masyarakat, ujar Halus Satriawan.

“ Kami mengharapkan kepada peserta KKM agar dapat menjaga nama baik keluarga dan kampus, jalani setiap proses dengan baik, sehingga nantinya dapat melaksanakan program dan dapat membantu masyarakat di Kecamatan Bukit dan Wih Pesam Bener Meriah, sehingga masyarakat senang dan bermanfaat atas kehadiran adik-adik”, harapnya.

Selain itu juga mengingatkan bahwa diakhir pengabdian mahasiswa diwajibkan menyusun laporan, karena laporan selama melaksanakan KKM merupakan bagian dari pada penilaian oleh DPL dan Bapel KKM, ujar Halus Satriawan. (Humas-Umuslim).

foto : Muzammil