Mahasiswa Fikom Umuslim Kerja Praktek di sejumlah Instansi, Perbankan dan Industri

Sebanyak 74 mahasiswa prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Umuslim akan melaksanakan On the Job Training (OJT) atau Kerja Praktek di sejumlah instansi, baik instansi pemerintah, swasta Perbankan dan Industri.

Sebelum ditempatkan di lokasi kerja praktek mereka mengikuti pembekalan dengan sejumlah materi persiapan.

Usai pembekalan nantinya mereka ditempatkan pada 30 Instansi baik pemerintah, swasta, perbankan dan industri yang berlokasi di sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

“ Untuk angkatan ini kita tidak mengirimkan mahasiswa praktek di luar Aceh, karena program tersebut bisa kami singkronkan dengan program magang MBKM”.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Umuslim Riyadhul Fajri, SSt.,MKom, saat pembukaan pembekalan kerja praktek, berlangsung di Laboratorium Komputer dan Multimedia Umuslim, Rabu (1/8).

Kemudian ketua pelaksana kerja praktek (KP) Fikom umuslim Iqbal,MCs melaporkan peserta Kerja Praktek berjumlah 74 orang, mereka berada di lokasi praktek mulai tanggal 5 Agustus – 5 Oktober 2024.

Menurut Iqbal, kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib di prodi Informatika dengan beban 4 SKS, sebelum mereka menyelesaikan kuliah.

Pelaksanaan kerja praktek bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan keilmuan yang telah dipelajari saat masa perkuliahan.

Selain itu juga sebagai wahana latihan bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja, sehingga diharapkan dapat menambah wawasan serta keahlian dalam bidang penerapan ilmunya, tidak tertutup kemungkinan pengalaman selama kerja praktek dapat menjadi tugas akhir.

Adapun sejumlah kantor yang menjadi lokasi kerja praktek mahasiswa Fikom Umuslim antara lain kantor Camat Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, Dinas Pekerjaan Umum (Bener Meriah), Aceh Asia Multimedia Banda Aceh,
Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik Dan Persandian Pidie Jaya, Dinas Pertanian Dan Pangan Pidie Jaya, Banwaslu Pidie Jaya Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Pidie Jaya, Disdukcapil Kabupaten Pidie Jaya, KIP Pidie Jaya, Penginapan Djarwal Bireuen, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen, Kominfo Bireuen, BPS Bireuen, Diddukcapil, BSI Bireuen, DPRK Kabupaten Bireuen, Bandara Malikussaleh, Biro Akademik, Kantor Pos, KIP Bireuen, Panwaslih Bireuen, Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Pertanahan Kabupaten Bireuen, Pengadilan Negeri Bireuen, Kejaksaan Negeri Bireuen dan sejumlah dinas, kantor dan perbankan lainnya. (Humas-Umuslim).