PPG Umuslim gelar Orientasi bagi Guru Tertentu

Progran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Almuslim mengelar Orientasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu Tahap 2 Tahun 2024.

Menurut laporan panitia Nurmina, M.Pd, kegiatan berlangsung secara hibrid, yaitu secara daring dan luring, hal ini karena peserta ada yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia, yang berada luar kabupaten Bireuen dan luar Aceh mengikuti secara daring, sedangkan di kabupaten Bireuen seputarnya, selain daring ada juga mengikuti secara luring di Hotel Luxury Bireuen, Rabu (28/8/2024).

Orientasi diikuti 1.350 calon peserta dari 10 provinsi seluruh Indonesia, dan turut dihadiri 20 dosen dan pengelola PPG.

Mereka berlatang belakang dari 5 bidang studi, yaitu Pendidikan Guru Kelas SD, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, dan Biologi, ujar Nurmina.

Menurutnya orientasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta PPG terkait sistem pelaksanaan PPG bagi guru tertentu, serta lainnya.

Adanya peserta dari seluruh Indonesia, menunjukkan keberagaman tidak menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan materi dari narasumber serta berkesempatan untuk berdiskusi dan berkolaborasi dengan sesama peserta.

Aktivitas ini diharapkan dapat memperkuat jaringan profesional calon peserta dan juga sebagai ajang silaturrahmi antara pengelola dengan pihak peserta.

Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas terlaksananya orientasi PPG Umuslim tahun ini.

“Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan acara ini yang merupakan bagian dari komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan”, ujar Dr.Marwan.

Universitas Almuslim berharap dengan adanya orientasi ini dapat mempersiapkan para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di lapangan dan menjadi guru yang inspiratif dan berkualitas di masa depan, ujar rektor Umuslim.

Harapnnya melalui orientasi ini, para calon peserta dapat memanfaatkan kesempatan dengan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan dalam dunia pendidikan.” (Humas-Umuslim).