Ratusan mahasiswa Pascasarjana Umuslim ikuti kuliah umum

Sebanyak 424 mahasiswa Pascasasarjana Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan mengikuti kuliah umum digelar di aula Creative Center MA Jangka Universitas Almuslim, Selasa (16/7) lalu.

Kuliah umum menghadirkan Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, diikuti ratusan mahasiswa program Pascasasarjana, yang terdiri dari Empat Program Studi yaitu S2 Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, S2 Ilmu Pengetahuan Sosial, S2 Administrasi Pendidikan dan S2 Pendidikan Dasar.

Kegiatan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, dari Universitas Negeri Medan, dalam paparannya penjelasan mengenai pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE).
Menurutnya OBE menekankan pentingnya pengembangan keterampilan praktis dan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, mencakup keterampilan teknis, keterampilan interpersonal, keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatifitas dan pemecahan masalah, keterampilan digital, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan.

Sedangkan Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd dalam sambutannya, mengatakan bahwa “Tantangan paling urgen era disrupsi sekarang ini, yakni perkembangan teknologi yang cepat menuntut perubahan dalam kurikulum pendidikan.

Sistem pendidikan tradisional yang kaku mungkin tidak lagi relevan di era ini, ujar Marwan.

Makanya perlunya diperbarui kurikulum untuk memasukkan keterampilan abad ke-21, seperti literasi digital, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi.

Salah satunya melalui pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE)”, ujar Dr.Marwan,M.Pd.

Turut menyampaiakan sambutan Direktur pasacasarjana Umuslim, Dr. Najmuddin.MA dan Wadir I, Dr. Saiful Bahri, M.Pd. tentang materi sosialisasi Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi dilakukan, karena visi dari prodi merupakan visi keilmuan.

Tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk memperkenalkan visi keilmuan program studi kepada seluruh dosen dan mahasiswa serta mitra Kerjasama sehingga visi misi tersebut dapat dikenal lebih mendalam.

Selain Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd, juga turut hadir wakil Rektor I, Dr. Halus Satriawan, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kab.Bireuen, Direktur serta seluruh wakil Direktur dan dan sejumlah Ketua Program Studi lingkup PPs Universitas Almuslim.(Humas-Umuslim).