Umuslim lahirkan Guru Besar Pertama

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen telah menorehkan sejarah baru dalam pendidikan di provinsi Aceh.

Karena salah seorang dosen tetap perguruan tinggi dibawah binaan Yayasan Almuslim Peusangan (YAP) berkedudukan di Peusangan ini telah melahirkan seorang akademisi begelar Professor / guru besar yaitu Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si.

Penetapan gelar guru besar untuk dosen tetap Universitas Almuslim Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si berdasarkan Sertifikat Uji Kompetensi Jabatan Akademik Dosen diterbitkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor: 01786/E4/DT.04.01/JAD/2024.

Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si merupakan putra kelahiran Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 11 Juni 1980 lalu.

Karier dosennya dimulai di Universitas Almuslim sejak tahun 2008, proses pengabdian di Kabupaten Bireuen ini, diawali saat pertama Universitas Almuslim menerima lamarannya sebagai dosen yang didaftar melalui online pada saat penerimaan Dosen waktu itu.

Riwayat pendidikan Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si dimulai tahun 1991 menamatkan Sekolah Dasar Negeri Batujai Lombok (NTB), menamatkan SMP tahun 1994, STM jurusan sipil tamat tahun 1997, semuanya di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian meraih Sarjana Pertanian pada Universitas Mataram tahun 2003, setelah itu hijrah ke pulau Jawa dan menyelesaikan Program Pasca sarjana (S2) Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2007, kemudian program Doktor (S3) di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) Medan dan pernah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar
AMDAL Angkatan 81(NonDegree) di Universitas Sebelas Maret.

Saat ini Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si menjabat sebagai Wakil Rektor I Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan.

Selama mengabdi sebagai dosen di Universitas almuslim . Halus Satriawan pernah mendapatkan Juara I Dosen Berprestasi Bidang Saintek LLDIKTI XIII Wilayah Aceh tahun 2019.

Selain itu Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si juga memiliki prestasi dengan penghargaan baik tingkat wilayah maupun nasional seperti seorang Reviewer Penelitian Bersertifikat (DRPM/Quantum) 2019, Assesor BKD LLDIKTI, Evaluator PKKM DIKTI 2021, Evaluator Matching Fund Kedaireka dan Tahun 2023 ditetapkan sebagai Dosen Academic Leader Bidang Saintek LLDIKTI Wilayah XIII dan hampir tiap tahun memenangkan sejumlah hibah, baik bidang penelitian maupun pengabdian masyarakat Kemendikbudristekdikti.

Berdasarkan Sertifikat Uji Kompetensi Jabatan Akademik Dosen diterbitkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor: 01786/E4/DT.04.01/JAD/2024 Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si dinyatakan menyandang pangkat dalan jabatan akademik dengan guru besar bidang Ilmu Konservasi Tanah dan Air.

Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Dr.Marwan,MPd mengucapkan rasa bangga atas keberhasilan salah seorang dosen tetap Universitas Almuslim meraih predikat tertinggi bidang akademik.

“ Apa yang diperoleh Prof Halus Satriawan merupakan suatu anugerah dan kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika Universitas Almuslim dan masyarakat secara umum, ini merupakan sejarah baru bagi kampus yang berada di kampung” ucap Marwan terharu.

Capaian yang ditorehkan Prof.Halus Satriawan membuktikan bahwa proses akademik di Universitas Almuslim selama ini berjalan baik sesuai aturan dan peraturan ditetapkan pemerintah, ujar Dr. Marwan,M.Pd.

Harapannya capaian yang diraih Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si dapat memberikan pemicu semangat khususnya bagi sivitas akademika Universitas Almuslim untuk terus berbuat, mengabdi dan memberikan konstribusi bagi pengembangaan dan peningkatan kualitas pendidikan di provinsi Aceh.

Sementara itu Prof. Dr. Halus Satriawan, S.P., M.Si mengucapkan syukur dan terimakasih kepada semua pihak, hasil yang dicapai ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk keluarganya dan terkhusus tentunya seluruh kolega dan sivitas akademika Universitas Almuslim serta unsur organ yayasan almuslim Peusangan, ungkap Halus Satriawan penuh haru.

” Pencapaian ini merupakan tanggung jawab besar yang harus saya emban,mohon doa dan dukungannya, semoga capaian ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas pendidikan, ungkapnya. (Humas-Umuslim).