Pembekalan KKM Umuslim terapkan prokes Covid-19

Sebanyak  249 mahasiswa universitas almuslim (Umuslim) Peusangan mengikuti pembekalan  Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) secara daring (online).

Peserta mengikuti materi pembekalan berada di tempat masing-masing, bukan dalam satu ruangan seperti yang dilakukan beberapa angkatan sebelumnya.

Kepala Badan Pelaksana (Bapel)  KKM Umuslim, Drs Syarkawi, M.Ed, saat memberi arahan pada pembukaan pembekalan kkm umuslim  Angkatan XIX Tahap II Tahun Akademik 2020/2021) melalui  zoometing  (online ),Rabu (20/1/2021) menyampaikan bahwa  pembekalan dilaksanakan secara daring karena  situasi daerah yang masih dalam kondisi belum aman karena pandemi corona, jadi bapel kkm  merevisi sistem pelaksanaan pembekalan dengan  menjalankan proses pembekalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya jumlah mahasiswa univesitas almuslim yang mendaftar sebagai peserta KKM Angkatan XIX Tahap II Tahun Akademik 2020/2021 yang memenuhi persyaratan akademis dan administratif adalah sejumlah 249 orang (94 laki-laki dan 155 perempuan).

Mereka berasal dari : fakultas pertanian 9 orang (5 Laki-laki, 4 Perempuan), FKIP 73 orang (12 Laki-laki, 61 Perempuan), Fakultas teknik 22 orang (19 Laki-laki, 3 Perempuan) fisip 44 orang (15 Laki-laki, 29 Perempuan), fikom 56 orang (28 Laki-laki, 28 Perempuan), Fakultas ekonomi 45 orang (15 Laki-laki, 30 Perempuan), jelas Kepala Badan Pelaksana (Bapel)  KKM Umuslim, Drs Syarkawi, M.Ed. 

Dengan memperhatikan jumlah peserta pembekalan, efektifitas pembukaan dan pertimbangan protokol kesehatan, maka pembekalan dilaksanakan secara daring selama 2 (dua) hari, mereka akan menerima materi umum dan khusus dari para pakar, termasuk mengundang pemateri dari Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Utara, daerah lokasi pengabdian kkm.

 Lokasi pengabdian kkm umuslim angkatan ini berlokasi  di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Lhoksukon (20 Desa) dan Matangkuli (20 Desa), keduanya merupakan kawasan musibah banjir di Kabupaten Aceh Utara, jelas Drs Syarkawi, M.Ed,

Acara pembekalan dibuka wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Dr.Ir.Saiful Hurri,Msi, pada kesempatan tersebut menyampaiakan bahwa pelaksanaan program KKM dimasa pandemi Covid-19 ini,  untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar tidak terhenti dalam menyelesaiakan studinya sesuai jadwal.

Menurut Dr.Ir.Saiful Hurri,Msi, kkm merupakan salah satu Tri dharma PT, jadi walaupun kondisi daerah yang tidak stabil akibat wabah virus corona, kami harapkan kepada mahasiswa  dapat berkontribusi pada masyarakat melalui  pengabdian KKM” harap Saiful Hurri.

Peserta agar bisa berkontribusi dalam pengabdian di masyarakat, apalagi lokasi pengabdian tahun ini di lokasi musibah banjir,  dan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di desa-desa, kalau perlu mahasiswa harus tampil sebagai agen pemberantasan pencegahan wabah penyakit ini, papar Dr.Ir.Saiful Hurri,Msi.

Acara serah terima peserta direncanakan akan dilaksanakan  hari Kamis tanggal (28 Januari 2021 )di halaman Kantor Bupati Aceh Utara (Landing Lhoksukon), selanjutnya diserahkan kepada Camat masing-masing yang kemudian diteruskan kepada Geuchiek Gampong masing-masing di halaman Kantor Camat pada hari itu juga.

Peserta akan berada di lokasi selama 30 hari terhitung mulai tanggal 28 Januari – 26 Februari 2021, peserta  diwajibkan menginap.(Humas-Umuslim)