Rektor umuslim: Harapkan Bidan berperan di masyarakat

Rektor universitas almuslim (umuslim) Peusangan Bireuen Dr.Marwan Hamid,MPd mengharapkan kepada lulusan Program Diploma III Kebidanan universitas almuslim agar dapat berperan nyata di masyarakat.

Hal tersebut disampaiakan rektor universitas almuslim pada acara sumpah janji bidan Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim  yang digelar di kampus umuslim, Sabtu (23 Januari 2021).

Menurut Marwan Hamid, sumpah profesi merupakan salah satu syarat bagi lulusan untuk melaksanakan tugas dan wewenang dalam memberikan asuhan kepada klien sehingga dalam memenuhi kewajiban mampu memiliki komitmen sebagai bidan profesional dan bertanggungjawab bagi dirinya, profesi dan Tuhan Yang Maha Esa.

Harapannya semoga para lulusan terus memberikan kontribusi terbaik sebagai sumbangsih nyata terhadap negara Republik Indonesia serta mewujudkan visi universitas yakni “Menjadi Universitas Unggul, Profesional, dan Islami”.

Universitas almuslim telah menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan semoga terus menciptakan entitas yang berkarakter.

Pencapaian prestasi selama ini baik dosen dan mahasiswa adalah bukti bahwa kerja cerdas dan kerja sama yang erat merupakan modal dan investasi yang kuat dari civitas akademika universitas almuslim, papar Marwan Hamid yang beristrikan seorang bidan.

Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang dapat berperan serta dalam upaya mewujudkan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal khususnya kesejahteraan ibu dan anak.

“Semoga lulusan dapat segera mengabdikan dirinya guna meningkatkan derajat Kesehatan Ibu dan Anak, dan terus maju serta mencetak prestasidi jenjang pendidikan lebih tinggi”, kiranya Allah SWT meridhoi langkah dan upaya kita dalam menuju kebaikan, ujar Marwan Hamid.

Sekarang institusi universitas almuslim telah terakreditasi dengan peringkat B dari BAN PT, demikian juga Program Diploma III kebidanan universitas almuslim, telah memperoleh sertifikat akreditasi dengan peringkat B dari LAM-PTKES, yang berlaku sampai  25 Oktober 2024.

Selamat dan sukses kepada lulusan program diploma III kebidanan, semoga dengan selesainya pendidikan  ini akan semakin meningkatkan kompetensi dan keahlian lulusan untuk berkarya di tengah masyarakat, ucap Doktor lulusan Unimed.

Menurut Direktur diploma III kebidanan Nurhidayati, MPh pelantikan dan pelaksanaan sumpah janji bidan angkatan ini  diikuti  88 lulusan, Angkatan 2015, 45 lulusan yang terdiri dari 30 lulusan kelas reguler dan 15 program khusus, Angkatan 2016, 27 lulusan, dan Angkatan 2017  16 lulusan.

Acara pengucapan sumpah dipimpin  Ketua IBI Cabang Kabupaten Bireuen, Ibu Elly Safri, S.SiT., MKM, dilakukan secara tatap muka namun bersifat tertutup dengan mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat turut disaksikan  rektor, direktur D-III kebidanan, tamu undangan,   dosen dan  tamu terbatas serta orangtua/wali mahasiswa. (Humas-umuslim)