Pemkab Nagan Raya kerjasama dengan Umuslim

Pemerintah Nagan Raya menandatangani naskah kerjasama (MoU) dengan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen

Naskah kerjasama ditandatangani Bupati Nagan Raya H.M.Jamin Idham,SE dan Rektor Umuslim Dr.Marwan,Mpd berlangsung di komplek perkantoran Suka Makmu Nagan Raya, Kamis (1/4/2021) Sore.

Bupati Nagan Raya M.Jamin Idham didampingi Sekda dan sejumlah SKPK menyambut baik kerjasama dengan Universitas Almuslim yang berada di Kabupaten Bireuen, karena ini akan dapat membantu pemerintah dalam hal mencerdaskan anak masyarakat Nagan Raya.

Apalagi SDM di Nagan Raya masih tertinggal dengan daerah lain, jadi kerjasama ini merupakan kesempatan emas untuk meningkatkannya, ujarnya.

Sebelum penandatanganan naskah kerjasama, saat pertemuan yang berlangsung penuh keakraban, Bupati Nagan Raya meminta kepada rektor, agar Universitas Almuslim dapat membangun kampus di Nagan Raya.

Menurutnya Umuslim selama ini telah banyak membantu masyarakat Nagan Raya, khususnya guru-guru yang belum sarjana (S1), melalui program SKGJ PGSD sekarang banyak guru di Nagan Raya sudah sarjana(S1), sekarang mereka sudah mengabdi dan bisa menikmati sertifikasi, ungkap Bupati H.M.Jamin Idham.

Dr.Marwan,MPd dalam sambutannya menyampaiakan bahwa MoU ini, dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendukung program merdeka belajar kampus merdeka.

Bagi Umuslim, Nagan Raya bukanlah daerah yang asing, karena sebelumnya Umuslim juga sudah pernah melakukan kerjasama dalam hal membantu pendidikan guru-guru di Nagan Raya pada program SKGJ PGSD, ujar Marwan.

Kedepan mungkin kerjasama ini bisa dilanjutkan dalam konteks implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan merdeka belajar kampus merdeka, seperti penelitian/riset dan pengabdian masyarakat, teknis pelaksanaannya tentu akan berpedoman pada regulasi yang dikeluarkan pemerintah, jelas Dr.Marwan,MPd

Pada kesempatan tersebut, Rektor Umuslim juga menyampaikan kepada Bupati H.M.Jamin Idham, apabila ada anak masyarakat Nagan Raya yang berekonomi kurang mampu dan ingin kuliah di Umuslim, pihaknya siap menampung, memfasilitasi dan membantu anak masyarakat Nagan Raya dengan mengusahakan dan memberikan beasiswa KIP kuliah, ujar Marwan.

Kita punya rusunawa mungkin yang ingin kuliah di Bireuen, kita tampung di asrama rusunawa dan kita bantu biaya melalui KIP Kuliah, ujarnya.

Pertemuan turut dihadiri Ir H Ardimartha sebagai Sekda Nagan Raya, kadis pendidikan, sejumlah SKPK, sedangkan dari Umuslim hadir mantan plt rektor, dekan Fkip, wakil dekan, kabiro umum, ka.prodi Pgsd, kabag humas dan kerjasama dan beberapa orang dosen. (Humas-Umuslim).