Program S2 PSL Umuslim gelar Workshop Kurikulum

Dalam upaya untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten sesuai perkembangan dan kebutuhan pasar, Program Magister (S2) Program studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) Universitas Almuslim (umuslim) melaksanakan Workshop Kurikulum.

KegiatanWorkshop dilaksanakan, Senin,(06-7/Juli2021) bertempat di Gedung Program Pascasarjana, kampus ampon Chiek Peusangan Universitas Almuslim.

Menurut Direktur program pascasarjana Umuslim Dr.Cut Azizah,MT, tujuan workshop kurikulum untuk merumuskan kurikulum program studi magister PSL dalam menentukan arah dan konsep serta pengembangan Tri Dharma sesuai visi, misi dan tujuan Perguruan Tinggi.

Apalagi prodi PSL satu satunya yang ada di Aceh dan telah mendapat izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 96/E/0/2021, sekarang calon mahasiswa yang telah mendaftar saat ini telah mencapai 28 orang.

Selain itu Kegiatan Workshop kurikulum juga sebagai sarana menghimpun berbagai masukan, kemudian merumuskan kurikulum sesuai tujuan pendidikan dan tuntutan kompetensi lulusan.

Sehingga lulusan program studi PSL diharapkan memiliki keunggulan komparatif dibidangnya, dan keluaran yang diharapkan sesuai sasaran dan tujuan yang akan dicapai dan menghasilkan output sesuai harapan stakeholders.

Harapan kita nantinya program studi magister pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan Umuslim, bisa menjadi prodi terkemuka dalam mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan , jelas Cut azizah.

Capaian pembelajaran lulusan prodi magister pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan Umuslim terdiri atas 4 unsur yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus.

Rumusan aspek sikap dan keterampilan umum dalam capaian pembelajaran lulusan telah disesuaikan dengan rumusan dalam SN-DIKTI yang tertuang dalam Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Workhshop kurikulum selain dilaksanakan secara tatap muka beberapa akademisi dan pakar lingkungan serta beberapa stakeholder lain, juga menghadirkan pemateri secara daring Dr. PrabangSetyono, M.Si, C.EIA.,Ir.,IPM, dari Perkumpulan Prodi ilmu Lingkungan Se-Indonesia( PEPSILI) dan Prof. Dr. Ir. Hidayat Pawitan, M.Sc(Guru Besar IPB University).(Humas-Umuslim)