Tiga Dosen dan Empat Tendik Umuslim lulus sertifikasi kompetensi

Dosen Universitas Almuslim

Tiga orang dosen dan empat tenaga kependidikan (Tendik) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan kabupaten Bireuen, berhasil lulus seleksi Sertifikasi Kompetensi Teknis Dosen dan Tendik Tahun 2021.

Hal tersebut berdasarkan pengumuman dari Direktorat Sumber Daya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor : 2532/E4/TI.00.02/2021 9 Agustus 2021, tentang hasil seleksi program sertifikasi kompetensi keknis Tahun 2021.

Peserta seleksi Sertifikasi Kompetensi Teknis Dosen dan Tendik Tahun 2021, baik dosen maupun Tenaga Kependidikan berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia.

Tenaga Kependidikan .

Program sertifikasi kompetensi teknis bagi dosen dan tenaga kependidikan, merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Sumber Daya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dalam upaya menginisiasi program merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM).

Program ini dilaksanakan untuk mendukung kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, karena program MBKM, menyebabkan tuntutan terhadap SDM Perguruan Tinggi menjadi Program sangat penting, karena Dosen dan Tenaga Kependidikan sebagai SDM Perguruan Tinggi memiliki peran strategis dalam semua kegiatan akademik di Perguruan Tinggi.
Program ini diharapakan Dosen dan Tenaga kependidikan mempunyai sertifikat kompetensi teknis untuk menyiapkan tenaga kerja Indonesia yang kompetitif dan professional menghadapi persaingan di pasar kerja global.

Dengan adanya sertifikasi kompetensi, diharapakan SDM dosen dan tendik di Perguruan Tinggi , akan lebih kreatif dalam mengembangkan kurikulum yang lebih sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan industri, sekaligus dapat membangun jejaring yang lebih luas dengan dunia kerja dan industri, dan lembaga-lembaga lain di luar Perguruan Tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri, sejalan dengan harapan dan tujuan program merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM).

Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,MPd mengucapkan syukur atas keberhasilan Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Almuslim lulus sertifikasi yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Harapannya semoga ini menjadi sumber energi bagi kampus untuk meningkatkan kinerja dalam upaya meningkatkan layanan dan lulusan Universitas Almuslim yang berkualitas dimasa yang akan datang.

Adanya dosen dan tendik yang mempunyai sertifikasi kompetensi teknis, tentunya merupakan pengakuan bahwa dosen dan tendik mempunyai keterampilan dan kemampuan yang mumpuni dan sesuai standar kerja yang ditetapkan, sehingga akan dapat meningkatkan SDM Perguruan Tinggi dalam melaksanakan tugas dan pengabdian, baik sebagai dosen maupun sebagai tenaga kependidikan, jelas Dr.Marwan,MPd.

Adapun Dosen yang lulus sebagai berikut : M. Rasyidin, SE., M.Sc skema serifikasi Financial Analyst Certification, Adri Patria, S.IP., MA skema serifikasi Supervisor Pelatihan dan Pengembangan SDM dan Ernawita, S.Si., M.Sc skema serifikasi Validasi Metode Kromatografi (SKM-297-003).

Sedangkanuntuk katagori Tendik yaitu : Zinatul Mikrajiah, S.Kom, skema serifikasi Database Programmer, Saiful Ramadhan, S.Kom skema serifikasi Teknisi Akuntansi Madya,Fina Meilinar, S.Pd skema serifikasi Supervisor dan Muammar Qadafi, S.Sos skema serifikasi Supervisor Manajemen Kinerja dan Karir.(Humas-Umuslim)