Umuslim dan Unimed bekerjasama menyelenggarakan Workshop Pekerti-AA

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Umuslim bekerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan Workshop Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan program Applied Approach (AA).

Acara dibuka Rektor Universitas Negeri Medan, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes melalui Zoometing, berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 18-21 Agustus 2021.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan naskah kerjasama ( MoU) antara dua universitas tersebut secara daring.

Penandatanganan MoU dilakukan melalui daring oleh masing-masing Rektor, Rektor Universitas Negeri Medan, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes dengan Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd di tempat masing masing.

Pada kesempatan tersebut Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unimed atas terjalinnya kerjasama, sekaligus pelaksanaan workshop Pekerti-AA.

Menurut Rektor Universitas Negeri Medan, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes Workshop merupakan sebuah upaya untuk menjadikan dosen sebagai pendidik yang profesional.

Karena Workshop program Pekerti-AA ini, bertujuan mendukung dosen untuk meningkatkan kapasitas diri dalam proses perkuliahan dan sebagai salah satu syarat meningkatkan peluang kelulusan sertifikasi dosen sebagai dosen professional, jelasnya.

Hal ini juga sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 dan Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, maka dosen wajib memenuhi kualifiksi pendidikan dan sertifikasi yang disyaratkan.

Sedangkan Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd, pihaknya selalu mendukung dan memfasilitasi setiap kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas dan pengembangan keilmuan dosen, ujar Dr.Marwan,MPd

Seperti Workshop program Pekerti-AA yang dilaksanakan bekerjasama dengan Unimed, pihaknya ikut membantu peserta dengan mensubsidi sedikit tambahan biaya, agar mereka bisa mengikuti pelatihan ini, jelas Dr. Marwan,MPd.

Kegiatan dilaksanakan full daring diikuti sebanyak 43 orang dosen Umuslim, narasumber berasal dari Universitas Negeri Medan (Unimed).

Adapun materi yang dibahas dalam workshop tersebut adalah kompetensi pedagogis, merancang pembelajaran, mengelola pembelajaran, menilai pembelajaran, memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, kompetensi sosial.

Pemateri semuanya dari Unimed yaitu Prof.Dr.Syawal Gultom,MPd, Prof.Dr.Martina restuati,MSi, Prof.Drs. Manihar situmorang,MSc,PhD, Prof.Dr.Isda Pramuniati,M.Hum, Prof.Dr.Abd hamid,K,MPd, Prof.Dr.Julaga Situmorang,MPd dan sejumlah dosen lainnya yang tergabung dalam tim.(Humas-Umuslim).