Umuslim dan Dinas P&K Bireuen gelar seminar dan Program Kemitraan

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan melaksanakan seminar dan  kemitraan program studi Magister pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  program pasca sarjana dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, acara berlangsung di Auditorium Academik Center (AAC) Ampon Chik Peusangan, kampus Umuslim, Kamis (19/8).

Seminar dibuka rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,Mpd, juga turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Muhammad Almuttaqin, Spd.,MPd.

Selain seminar juga dilanjutkan dengan MoA antara program studi Magister pendidikan IPS Umuslim dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, serta  Forum MGMP Pendidikan IPS.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Muhammad Almuttaqin, Spd.,MPd, menyambut baik kehadiran program Magister (S2) di Umuslim, pihaknya sangat mendukung para guru-guru untuk melanjutkan pendidikan Magister khususnya Pendidikan IPS.

Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,Mpd, mengucapkan terimakasih atas perhatian dan partisipasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen dalam program kemitraan dan seminar ini.

Harapan kami semoga program Magister pendidikan IPS Umuslim yang telah memiliki  izin Penyelenggaraan (Nomor 212/E/O/2021)  dari Kemendikbudristek RI dan satu-satunya di Provinsi Aceh, dapat dimanfaatkan  para guru khususnya di Kabupaten Bireuen, ujar Dr.Marwan,MPd.

Menurutnya program ini mempunyai Visi menjadi Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial profesional, unggul dan islami sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan bidang Pendidikan IPS di tingkat nasional dan Internasional.

Sedangkan misinya menghasilkan sumber daya manusia professional, unggul, dan Islami di bidang Pendidikan IPS, dan mengoptimalkan sistem perkuliahan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang adaptif dan sensitif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang pendidikan IPS.

Serta mengembangkan kajian, publikasi ilmiah dan penerapan dibidang pendidikan IPS serta mengupayakan pemanfaatan dalam proses pembangunan nasional, jelas Dr.Marwan,MPd.

Seminar menghadirkan tiga pemateri yaitu Dr. Erianjoni, M.Si Dosen Universitas Negeri Padang dengan materi Strategi menyusun soal tipe Hots untuk guru mata pelajaran pendidikan IPS .

Kemudian Asmudi, S.Pd,.M.Pd (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen) menyampaiakan materi Penerapan Lesson Study untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru.

Dr. Rahmi Novalita, S.Pd., M.Pd (Ketua program studi Magister pendidikan Magister pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Umuslim), dengan materi Sosialisasi program studi Magister pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Almuslim.

Seminar  berlangsung di aula berkapasitas 1000 orang, dengan penerapan protkes Covid-19 yang ketat, hanya diikuti 150 peserta dari kalangan guru dan praktisi pendidkan lainnya.(Humas-Umuslim)