Bawaslu Bireuen Jajaki Kerjasama dengan Umuslim

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bireuen melakukan audiensi sekaligus menjajaki kerjasama dalam bentuk penguatan pengawasan partisipatif jelang tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

Silaturahmi berlangsung diruang Rektor Umuslim berlangsung santai dan penuh kekeluargaan, Rabu (25/8).

Dalam silaturahmi tersebut Ketua Panwaslih (Bawsalu) Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky E, , menyampaikan beberapa hal yang bisa dilakukan dalam bentuk kerjasama yang dituangkan dalam perjanjian atau MoU, khususnya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip).

Seperti terfasilitasinya mahasiswa magang atau mahasiswa semester akhir yang membutuhkan data atau informasi pengawasan pemilu.

“Banyak hal yang bisa dibangun dalam kerjasama ini, dan kita harapkan bisa berlangsung dalam jangka panjang, tidak hanya sementara pada tahapan pemilu atau pemilihan,” ungkap Wildan yang turut didampingi anggotanya Desi Safnita dan Abdullah Yunus.

Sementara itu Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd, didampingi Dekan Fisipol, Rahmad, S.Sos., M.AP menyambut baik silaturahmi yang dilakukan pihak Bawaslu.

Menurut Marwan, pihaknya menyambut baik rencana kerjasama dengan Bawaslu, ini sejalan dengan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sebagaimana kurikulum digalakkan pemerintah saat ini.

Bentuk kerjasama nantinya akan diatur secara teknis, termasuk menjadi narasumber para komisioner Bawaslu pada mata kuliah khusus berkaitan dengan pengawasan pemilu.

“Secara teori pengasuh atau dosen mata kuliah mungkin bisa menerangkan, namun dalam prakteknya, pihak penyelenggara pemilu dalam hal ini Bawaslu lebih menguasainya,” ungkap kata Marwan.

Untuk itu ia berharap dalam waktu dekat kesepakatan dalam bentuk MoU bisa dituangkan secara bersama-sama untuk segera ditanda tangani. “Kita sikapi ini segera agar bisa diimplementasikan,” ujar Marwan.(Humas-Umuslim)