Diploma III Kebidanaan Umuslim menangkan hibah PPPTV-PTS

Dewi Maritalia, M.Kes

Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, berhasil memenangkan bantuan hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS).

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 0003/D3/KB.04.00/2021 tanggal 20 Agustus 2021 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penerima Program Pembinaan Pendidikan Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) Gel-I Tahun 2021.

Direktur Program Diploma-III Kebidanan Umuslim Dewi Maritalia, M.Kes, menjelaskan bahwa keberhasilan pihaknya memenangkan hibah Kompetitif Kampus Vokasi (competitive Fund Vokasi) Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, setelah proposal yang diajukan berhasil lolos seleksi.

“Alhamdulillah, proposal kami usulkan berhasil menang dan Diploma (D-III) Kebidanan Umuslim, dinyatakan salah satu lembaga yang berhak mendapatkan bantuan hibah” ungkap Dewi Maritalia.

Menurutnya program bantuan pengembangan institusi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS), terutama dalam mendorong peningkatan dan pengembangan inovasi pendidikan tinggi vokasi, khususnya di bidang pembelajaran praktikum yang membutuhkan sarana dan prasarana berupa instrumen laboratorium.

Hal ini dalam rangka Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Berbasis Industri, untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan pendidikan tinggi vokasi agar dapat diserap di Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) dengan menerapkan Kebijakan Kampus Merdeka dan Strategi Link&Match pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi , jelas Dewi Maritalia.

Selain itu Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV) PPPTV-PTS, bertujuan untuk peningkatan mutu pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui bantuan sarana/prasarana Perguruan Tinggi Swasta yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.

Perguruan tinggi swasta yang dapat mengikuti kompetisi hibah ini adalah PTS dengan akreditasi PTS maksimal B atau Baik Sekali, jelasnya.

Rektor Umuslim Dr.Marwan,M.Pd mengucapkan syukur atas keberhasilan Program Studi Diploma III Kebidanan memperoleh bantuan PPPTV-PTS tahun 2021.

Menurutnya bantuan yang diberikan dalam bentuk barang berupa peralatan laboratorium kesehatan dasar, laboratorium teknik dasar, laboratorium IPA dasar dan peralatan teknologi informasi dan desain komunikasi dapat membantu memperlancar proses belajar mengajar yang lebih baik lagi di Program Studi Kebidanan, ujar Dr.Marwan,MPd. (Humas-Umuslim)