Peserta PPG dalam Jabatan Angkatan 4 Umuslim ikuti Orientasi

.Sebanyak 105 mahasiswa peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan angkatan 4 Tahun 2021 Universitas Almuslim mengikuti Orientasi mahasiswa baru.

Kegiatan Orientasi dilaksanakan secara daring berlangsung satu hari penuh, dibuka Rektor Umuslim diwakili Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Umuslim) Drs.M.Taufiq,MPd, Senin, (13/9/2021).

Menurut laporan ketua panitia kegiatan orientasi mahasiswa baru PPG angkatan 4 Umuslim, Nurmina, M.Pd, peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan angkatan 4 Tahun 2021 berjumlah 105 orang, berasal dari tujuh provinsi di Indonesia.

Adapun rincian peserta tiap provinsi yaitu Provinsi Jawa Timur (60), Jawa Tengah (29), Bali (5), Kalimantan Barat (2), DKI Jakarta (7), Sumatera Utara(1), Nusatenggara Timur (1).

Rektor Umuslim yang diwakili Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Umuslim) Drs.M.Taufiq,MPd, pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada peserta atas bergabungnya mereka mengikuti Program PPG di Universitas Almuslim Peusangan Bireuen Provinsi Aceh.

Selain itu pada kesempatan tersebut Drs.M.Taufiq,Mpd juga menguraikan secara singkat profil Universitas Almuslim, dimana kampus ini adalah milik masyarakat dan berada di sebuah kota kecamatan, jauh dari pusat pemerintahan, tetapi telah banyak prestasi yang diraih, baik oleh mahasiswa maupun dosen melalui berbagai program hibah.

“Alhamdulilalh salah satunya diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk mengelola program PPG”, ujar M.Taufiq.

Umuslim memunyai Akreditasi Institusi dengan nilai (B), saat ini mempunyai 27 program studi, dengan jumlah 6 Fakultas, satu Diploma III Kebidanan, 1 Program Profesi Guru, dan Program Pascasarjana, seluruh program studi telah teakreditasi BAN PT, khusus prodi PGSD akresitasi A, ujarnya.

Menurut M.Taufiq lagi, pelaksanaan program PPG di Umuslim, merupakan Amanah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang guru dan dosen, dimana dalam undang-undang tersebut menyatakan bahwa guru harus memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Karena kondisi pandemic covid-19, maka PPG tahun 2021 dilaksanakan secara daring, pembelajaran daring dan jadwal serta tugas yang padat saat mengikuti PPG nantinya tentu menjadi tantangan tersendiri bagi peserta.

Namun demikian, saya berharap peserta tidak menyerah, saya yakin Bapak/Ibu dapat menghadapi tantangan tersebut dengan kerjasama yang baik antara dosen, guru pamong dan mahasiswa, sehingga dapat lulus dan memperoleh sertifikat professional pada tahun ini.

Semoga kegiatan PPG ini dapat menjalin tali silaturrahmi yang baik antara dosen, guru pamong dan mahasiswa, harap M.Taufiq kepada seluruh peserta orientasi.

Orientasi di isi dengan berbagai materi, seperti informasi materi PPG, sistem pembelajaran, informasi mata kuliah, dengan pemateri anatra lain M. Rezeki Muamar, S.Si., M.Ed. (Ketua PPG Umuslim), Rahmi Wahyuni, M.Pd , Fachrurazi, M.Pd dan Asrul Karim, M.Pd.

Acara orientasi yang berlangsung secara daring ditutup oleh Wakil dekan bidang Akademik Fkip Marnita,MPd.(Humas-Umuslim)