Mahasiswi Penghuni Rusunawa Umuslim ikuti pengajian malam hari

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen menerapkan aturan bagi penghuni atau mahasiswi yang mondok di rumah susun mahasiswa (rusunawa) Umuslim, diwajibkan mengikuti pengajian malam hari.

Rumah susun mahasiswa (rusunawa) Umuslim berlokasi di kampus timur tepatnya desa Paya Cut Peusangan, sekarang dihuni lebih 100 mahasiswi, yang berasal dari berbagai kabupaten/ kota seluruh Aceh, bahkan ada dari Sumatera Utara.

Kewajiban untuk mengikuti pengajian bagi mahasiwi yang tinggal di rusunawa (asrama), berdasarkan arahan Rektor Universitas Almuslim Dr H.Marwan, M.Pd, guna untuk meningkatkan keimanan mahasiswa khususnya yang menempati asrama (rusunawa).

Peresmian tanda dimulainya pelaksanaan program pengajian malam bagi mahasiswi, telah dibuka secara resmi Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd beberapa waktu lalu.

Peresmian tanda dimulainya pengajian, bagi penghuni rusunawa Umuslim tersebut, dilaksanakan bersamaan shalat magrib berjamaah, di mushalla kampus Universitas Ulmuslim Matangglumpangdua, Selasa malam (malam Rabu), 14 September 2021.


Pada kesempatan tersebut Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd menyampaikan, bahwa program yang kita jalankan ini sebagai upaya untuk meningkatkan iman,taqwa dan akhlak mahasiswa, sehingga nantinya lulusan Universitas Almuslim menjadi intelektual beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, berbudi pekerti luhur, dan beraklak mulia, ujar Marwan.

Menurut Marwan, pagi hari mereka mengikuti perkuliahan di berbagai Fakultas dan prodi, untuk malam hari kita programkan mereka bisa mempelajari bidang keagamaan, seperti mengikuti pengajian Alqur’an dan belajar kitab-kitab Arab, jelas Marwan.

Kita sudah tempatkan beberapa orang ustadzah alumni pesantren yang sdah mempunyai pengalaman mondok untuk menjadi pembina dan pembimbing di rusunawa (asrama), jelas Marwan.

Untuk tahap pertama khusus mahasiwi dulu, kita sedang upayakan, semoga nanti juga ada asrama untuk putra (mahasiswa), ujarnya.

Sementara mudir pesantren mahasiswa Universitas Almuslim Tgk Muhammad Rizal, MA,merupakan dosen mata kuliah pendidikan agama Islam, menambahkan, pengajian berlangsung selama 3 sampai 4 malam sesuai dengan kelompok kelas masing-masing, dimulai setelah shalat magrib sampai jam 20.45 wib, setelah pengajian berlangsung mahasiswa bisa langsung melakukan belajar mandiri, selama di asrama Rusunawa, mahasiswi juga akan mengikuti shalat jamaah, ujarnya.


Saat peremian dimulainya pengajian malam bagi mahasiswi umuslim, selain Rektor, juga turut hadir Wakil Rektor 1 Dr.Halus Satriawan,M.Si, sejumlah Dekan, dosen dalam lingkup Universitas Almuslim serta kepala Rusunawa.(Humas Umuslim).

Foto : Hery Gustamy