Rudy Juli, dosen PG PAUD, aktip jadi Pelatih Sepak Bola dan Wasit Futsal

Rudy Juli Saputra

Rudy Juli Saputra, M.Pd, salah seorang dosen pada prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Almuslim, aktip jadi pelatih dan wasit.

Putra kelahiran Bireuen, 31 Juli 1987, anak pasangan Agusmaidi dan Rusyida, S. Sos, ditengah kesibukannya mengabdi sebagai dosen, juga aktip sebagai pelatih sepak bola dan wasit futsal.

“ Walaupun saya aktip mengajar, tetapi olah raga tidak bisa saya lepaskan dalam kehidupan saya, ucap Rudi saat sedang istirahat mengajar di kampus Umuslim Peusangan.

Kecintaannya pada olah raga dimulai ketika dirinya mendaftar pada Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Tunas Bangsa, yang merupakan sekolah khusus bagi yang memilih jurusan olah raga.

Setelah itu naluri olah raga semakin terasah ketika dinyatakan lulus masuk Perguruan Tinggi program Sarjana (S1) pada program jurusan Penjaskesrek Fkip Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh tahun 2005.

Karena berprofesi sebagai dosen, untuk memenuhi persyaratan sesuai UU Guru dan Dosen, Rudy Juli Saputra menempuh pendidikan Magister (S2) Pendidikan Olahraga Universitas Syiah Kuala (USK), Tahun 2016.

Selesai pendidikan Magister (S2) Pendidikan Olahraga USK, Rudi semakin mencurahkan ilmunya, khususnya bidang olahraga dengan mengabdikan dirinya sebagai Dosen, tanpa meninggalkan hobi dan kegemarannya di bidang olahraga.

Kecintaannya pada olah raga dibuktikan oleh anak pertama dari tiga bersaudara ini, dengan kesibukannya menjadi dosen, juga aktip menjadi pelatih bidang sepakbola dan wasit futsal.

Rudi Juli Saputra mengabdi sebagai pelatih pada beberapa jenjang tingkatan kepelatihan dengan lokasi berbeda, seperti pernah jadi asisten pelatih sepakbola dibeberpa tempat, seperti pelatih Popda Kota Banda Aceh, asisten pelatih Persiraja Banda Aceh, pelatih PS. Unsyiah, pelatih Popda Bireuen, pelatih Popwil Aceh dan pelatih Porseni Bireuen.

Saat menjadi pelatih sepakbola, beberapa event di ikuti meraih prestasi antara lain :Juara II Liga Pelajar Indonesai (LPI) tingkat Mahasiswa Se Aceh, Juara I Popda Bireuen dan Juara I Porseni Bireuen.

Dosen berhombase pada prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Almuslim, telah mengikuti berbagai kursus baik bidang kepelatihan maupun bidang perwasitan seperti misalnya : Kursus pelatih sepakbola lisenci C dan D Nasional.

Sedangkan bidang wasit, Rudy Juli Saputra merupakan wasit futsal pemegang lisensi level 3 daerah, lisensi level 2 Provinsi dan wasit futsal lisensi level 1 Nasional.

Rudy Juli saat memimpin sebuah pertandingan

Saat menjadi wasit futsal, Rudy Juli Saputra, pernah berprestasi dan dipercayakan memimpin beberapa pertandingan resmi yang digelar pemerintah maupun asosiasi futsal seperti misalnya, wasit terbaik di Liga Futsal pelajar Aceh, wasit pada Pora di Kota Jantho, wasit pada Pra pora di Gayo Lues dan wasit pada turnamen Aceh Futsal League.(Humas-Umuslim)