Umuslim teken naskah kerjasama dengan PKBM di Aceh Utara

Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd dan Ketua PKBM Harapan Pertiwi, M.Syahril Ismail, SE, didampingi Warek dan Dekan FKip

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan kabupaten Bireuen menandatangani naskah kerja sama dengan Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Harapan Pertiwi Kecamatan Nisam,Kabupaten Aceh Utara.

Penandatanganan kerjasama (MoU) kedua pihak, dikakukan Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd dan Ketua PKBM Harapan Pertiwi, M.Syahril Ismail, SE, berlangsung di ruang rapat Ampon Chiek Peusangan kampus Umuslim, Kamis ( 30/9/2021).

Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd pada kesempatan tersebut, mengucapkan terimakasih pada pimpinan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harapan Pertiwi Kecamatan Nisam, yang telah melakakan silaturahmi dan memilih Umuslim sebagai mitra, dalam memajukan pendidikan, khususnya wilayah Nisam Aceh Utara dan sekitarnya.

Umuslim pada prinsipnya siap membantu dan melakukan kerjasama, khususnya dalam hal pelaksanaan Tri dharma Perguruan Tinggi, demi terwujudnya program pemerintah tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), ujar Dr.Marwan,MPd.

Nantinya rencana kegiatan kerjasama yang akan dilaksanakan , dalam hal peningkatan SDM pedesaan untuk pendidikan dasar, kemudian pelatihan dan penyelenggaraan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat, dalam bidang perikanan dan pertanian, juga akan kita jajaki beberapa program lain sesuai kondisi lapangan dan kebutuhan masyarakat, urai Dr.Marwan,MPd.

Sedangkan Ketua PKBM Harapan Pertiwi, M.Syahril Ismail, SE pada kesempatan tersebut menjelaskan beberapa peran dan kerja PKBM selama ini dalam meningkatkan pendidikan masayarakat desa.

Pihaknya berharap dengan adanya kerjasama ini nantinya Universitas Almuslim dapat membantu PKBM berbagai hal, apalagi ada dosen Umuslim yang jadi assessor PKBM, termasuk pembinaan pengembangan program pendidikan dasar yang masih sangat kurang di wilayahnya.

“ Kerjasama ini sudah lama kami idamkan, hal ini demi untuk membangun pendidikan di pedesaan, baik bagi pemuda maupun beberapa santri pesantren” ungkap M.Syahril Ismail, SE..

Pada prosesi penandatanganan kerjasama, dari Umuslim selain Rektor juga hadir wakil rektor 1 Dr.Halus Satriawan, Msi, wakil rektor 3, Muliari, S.Kel,MSi, direktur pasacasarjana Dr.Cut azizah,MT, dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Drs.M.Taufiq,M.Pd, dekan Fisip Rahmad, S.Sos, M.AP, Dekan fakultas ekonomi DR.Sri wahyuni,MSi, wakil Dekan I Fikom Sri Winar,M,Kom, Ka Prodi Agribisnis Naya Desparita,SP,.Msi dan Dr.Iskandar,MA kasubbag Akademik Fkip.

Kemudian hadir M.Syahril Ismail, SE (ketua PKBM Harapan Pertiwi), M.Zein Daud,SE ketua PKBM Panji Jaya, Nur Asmaniah,SPd ketua PKBM Ratu Nahrisyah, Nurjannah,S.Ag, tutor PKBM Harapan Pertiwi, Faridah,SPd, tata usaha PKBM Harapan Pertiwi, maulinawati,SPd, sekretaris PKBM Harapan Pertiwi.(Humas-Umuslim).