Mahasiswa KKM Umuslim benahi objek wisata Agropolitan di Desa Cot Jrat

Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik kampus merdeka, di Desa Cot Jrat, kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, melakukan program membenahi objek wisata bernuansa Agropolitan.

Mahasiswa tersebut berjumlah 36 orang, berasal dari Pertanian Fakultas Pertanian, terdiri dari program studi Agroteknologi, Agribisnis, Budidaya Perairan, Kehutanan, Peternakan dan Teknologi Industri Para mahasiswa melaksanakan pengabdian selama selama enam bulan, terhitung sejak 28 Agustus s/d sampai 28 Februari 2022 .

Dilokasi pengabdian, bersama warga dan perangkat desa mereka membantu memoles dan menata lahan perkebunan dan pertanian di gampong menjadi satu objek wisata Agropolitan yang asri nan indah.

Menurut salah seorang penggagas objek wisata tersebut Syukri mengatakan, bahwa objek wisata Agropolitan milik desa di bawah BUMG Geunta Malaka.

Warga bersama mahasiswa Umuslim melakukan penataan lahan dan program edukasi tentang pemanfaatan lahan untuk ditanami berbagai jenis palawija sebagai sumber ekonomi masyarakat.

Syukri menambahkan, nantinya objek wisata tersebut sebagai tempat pelatihan bercocok tanam, pengembangan teknologi pertanian, perkebunan dan juga tempat percontohan bidang pertanian.

Kemudian secara terpisah Rektor Umuslim Dr. Marwan, MPd, menyampaikan, bahwa pelaksanaan program KKM Tematik 202, merupakan implementasi program hibah yang dilaksanakan Kemdikbudristek, melalui Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKB).

Menurutnya selain program di gampong Cot Jrat dengan tema “Membangun Desa”,yang dilaksanakan mahasiswa Fakultas Pertanian, juga ada program “Mengajar di Desa” yang dilaksanakan mahasiswa Prodi PGSD, mereka ditempatkan di enam desa pada empat kecamatan, terdiri dari Desa Meunasah Mesjid (Kecamatan Peudada), Alue Peuno (Kecamatan Peusangan), Teupin Raya, Cot Aneuk Batee, Kubu Raya (Kecamatan Peusangan Siblah Krueng) dan Glee Putoh (Kecamatan Kuta Blang), ujarnya.(Humas-Umuslim).