Ratusan Guru PAUD dan SD ikuti Workshop Pengembangan Profesionalisme Guru

Peserta dan pemateri workshop

Seratusan Guru PAUD dan SD di kabupaten Bireuen mengikuti Workshop Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan atas kerjasama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Almuslim dengan Dinas Pendidikan kabupaten Bireuen.

Demikian disampaikan Dekan FKIP Universitas Almuslim Drs. M. Taufiq, M.Pd, saat memantau pelaksanaan hari terakhir gelombang II Workshop di Wisma Ilda Umuslim, Selasa (16/11/2021).

Menurut M.Taufiq, Workshop yang dilaksanakan pihaknya merupakan implementasi MoA dari kerjasama yang telah dilakukan Universitas Almuslim dengan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen.

Menurutnya tujuan kegiatan untuk pengembangan diri dan melatih profesionalisme guru dalam menulis artikel terutama Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Paud dan SD dalam rangka melahirkan guru yang berkualitas.

Karena tugas guru bukan hanya semata mengajar saja tapi guru harus mampu berkarya melalui pengembangan profesionalisme diri, jelas Dekan Fkip.

“Alhamdulillah sudah dua gelombang berjalan sukses dari lima gelombang yang kita rencanakan seluruhnya”, ungkap Drs M.Taufiq,M.Pd.

Aktivitas peserta Workshop


Kegiatan workshop dibuka Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Almuslim Dr. Halus Satriawan, M.Si pada kesempatan tersebut mengharapkan adanya kegiatan Workshop semoga dapat melahirkan guru yang mampu menghasilkan output terbaik.

Hal ini mengingat tuntutan profesi era Revolusi Industri 4.0 bukan hanya tentang mengajar saja, melainkan pengembangan diri yang berkualitas, seperti pemenuhan portofolio dengan karya dan kinerja guru yang sesuai perkembangan zaman, ujar lulusan program doktor USU Medan.

Ketua panitia pelaksana Workhshop Marnita, M.Pd menjelaskan peserta kegiatan sebanyak 100 orang, terdiri dari Guru Paud dan Guru SD Se-kabupaten Bireuen, peserta dibagi dalam 5 rombel masing-masing setiap rombel 20 orang, kegiatan berlangsung selama tiga hari setiap gelombangnya, jelas Marnita juga menjabat wakil dekan bidang akademik Fkip Umuslim.

Proses pelaksanaan peserta didampingi pemateri yang sudah mumpuni dibidangnya, untuk melatih peserta hingga menghasilkan artikel baik secara bersama maupun mandiri.

Tambah Marnita lagi, pemateri workhshop merupakan dosen FKIP Universitas Almuslim yang sudah memiliki pengalaman menulis karya tulis di jurnal bereputasi dan jurnal terindeks scopus. Mereka antara lain Dr. silvi Listia dewi, M.Pd, Dr. Iskandar, MA, Dr. Alfi Syahrin, M.A. Marnita, M.Pd. Rahmi, M.Pd. Aisyah A.Rahman, M.Pd, Siti Khaulah, Drs, M.Taufiq, M.Pd, M.Pd, Novianti, S.Pd, M.Si, Fatimah, S.Pd, M.Si, Rizki Muammar, M.Ed, Asrul Karim, M.Pd, Fachrurrazi, M.Pd, Nurmina, M.Pd, Misnar, MA, Rahmawati, M.Pd, dan Misnawati, M.Pd.

Sebelumnya, kegiatan workshop ini sudah terlaksana dengan baik dan sudah menghasilkan 75% artikel dari 20 peserta pada gelombang pertama, nantinya akan dipublikasikan dalam E-Jurnal FKIP Universitas Almuslim, ujar Marnita.(Humas-Umuslim)