Peserta Kampus Mengajar Angkatan 3 Umuslim ikuti Pembekalan

Sebanyak 26 dosen dan 12 mahasiswa Universitas Al-Muslim (Umuslim) Peusangan Bireuen yang dinyatakan lulus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa peserta kampus mengajar angkatan 3 mengikuti pembekalan dan pelepasan secara resmi oleh Rektor Universitas Al-Muslim.

Pembekalan dan pelepasan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 Universitas Al-Muslim dilakukukan rektor Umuslim diwakili Wakil rektor I Universitas Al-Muslim, Dr.Halus Satriawan,SP.,MSi

Wakil rektor I Umuslim pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Kampus Mengajar merupakan bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar, mengembangkan diri dan membantu peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah tingkat SD dan SMP.

Kampus mengajar merupakan salah satu program untuk mengembangkan diri mahasiswa, membantu para guru disekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Selain itu menurut Halus Satriawan, Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka juga untuk memberikan pembelajaran yang otonom, fleksibel dan berkualitas sehingga terciptanya kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Dalam hal ini Perguruan Tinggi harus memberikan hak dan kewajiban kepada mahasiswa untuk belajar diluar program studi selama tiga semester yang dapat diambil diluar prodi didalam PT dan diluar PT, ujar lulusan program doktor Universitas Sumatera Utara.

Koordinator program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Universitas Al-Muslim Misnawati, M.Pd menyampaikan bahwa program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 akan menitik fokus pada peningkatan kemampuan Literasi dan Numerasi pada pendidikan dasar dan menengah pertama.

Diharapkan pada kegiatan Literasi dan Numerasi mampu merancang pembelajaran Literasi dan Numerasi yang menarik, membantu guru mengajar literasi numerasi di kelas dan juga kegiatan ekskul literasi numerasi, jelasnya.

Harapannya kepada mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 Universitas Al-Muslim dapat bertugas dan berperan aktif untuk membantu guru di sekolah dalam melaksakan pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran literasi dan numerasi dan dapat mengadaptasikan teknologi dalam proses pembelajaran serta tugas-tugas lainnya dalam Kampus Mengajar, harapnya.

Program ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaktualisasikan passion, semangat mengasah kemampuan sosial dan karakter mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu menjadi sumber inspirasi bagi siswa Sekolah Dasar dan SMP untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

Menurutnya dengan mengikuti kegiatan Kampus mengajar mahasiswa akan memilki kesempaatn untuk mengasah jiwa kepemimpinan, soft skill, karakter, serta mendapatkan pengalaman mengajar.

menurut Misnawati, M.Pd, bagi mahasiswa yang mengikuti program ini nantinya akan mendapatkan pengakuan dan penyetaraan Satuan Kredit Semesteter setara dengan 20 SKS..

Program ini harus ada kebelanjutan, bentuk keberlanjutan setelah mengikuti program kegiatan ini diharapkan mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022, dapat mengembangkan kapasitas keilmuannya, mendarmabaktikan keahlian sesuai kompetensinya untuk mengerahkan dan menjadi pencerah bagi masyarakat kampus, masyarakat di sekitar tempat tinggalnya dan masyarakat secara umum.

Dari 12 mahasiswa peserta kampus mengajar angkatan 3 Umuslim, ada satu orang bernama Miftahul Jannah Program Studi Pendidikan Matematika bertugas di SD Inpres Nanganiu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), ujar Koordinator kampus mengajar Universitas AL-Muslim.(Humas-Umuslim).