Desa Binaan Fakultas Teknik Umuslim gelar pelatihan Pembuatan Saluran V-Ditch Pracetak Bata Ringan

Fakultas Teknik Universitas AL-Muslim (Umuslim) Peusangan Bireuen mengadakan pelatihan Teknologi Tepat Guna Pembuatan Saluran V-Ditch Pracetak Bata Ringan di posyantekdes Hebel Samuray Gampong Samuti Rayeuk kecamatan Gandapura, (24-27 Januari 2022).

Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk syukur sewindu lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 (UU Desa).
Pelatihan merupakan salah satu wujud implementasi kerjasma Fakultas Teknik Universitas Al-Muslim dengan desa Samuti Rayeuk kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

Saat penutupan pelatihan turut hadir Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong dan PKB, Kasie TTG DPMGPKB , Kasie Bumdes DPMGPKB kabupaten Bireuen, korkab P3M kementerian Desa, TAPM, PD, Pld, dekan fakultas Teknik umuslim, camat Gandapura dan dosen pelatih serta puluhan masyarakat sebagai peserta.

Kadis DPMGPKB bireuen Mawardi. S.STP.M.Si pada acara penutupan menyampaikan bahwa sinergi seluruh masyarakat gampong sangat dibutuhkan dalam menbentuk suatu gampong yang hebat dan kreatif dalam berinovasi.

Di masa penerapan UU desa dibutuhkan desa yang memiliki jiwa yang cerdas dalam menyikapi perubahan dan perkembangan agar kegiatan lembaga pemberdayaan masyarakat mendapat perhatian pemerintah pada tingkat yang lebih tinggi.

Turut memberi sambutan P3MD kemendes diwakili Yasrizanur,ST,MT,Dipl.HE menyampaikan terimakasih atas terlaksananya kegiatan pelatihan dan apresiasi terhadap gampong Samuti Rayeuk yang telah melaksanakan pembentukan lembaga pemberdayaan masyarakat Gampong sesuai amanah UU desa, ujarnya.

Camat Gandapura Mirza Fahmi S.STP.M.Si menyampaikann bahwa inovasi yang dilakukan oleh tim inovatif gampong Samuti Rayeuk sangat diperlukan dalam mempermudah pelaksanaan pembangunan saluran cacing pada areal persawahan.

Sedangkan dekan fakultas teknik Umuslim Dr.Ir. Romaynoor Ismy, ST.,MT.,IP pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa terlaksananya program ini karena tingginya motivasi masyarakat untuk maju dan berkembang, menjadi modal utama sehingga suksesnya program berkat kerjasama fakultas teknik dengan gampong Samuti Rayeuk.

Diakhir acara pelatihan dilakukan penukaran cenderamata antara dekan Fakultas Teknik umuslim dengan kadis DPMGPKB, Camat Gandapura dan keuchik gampong Samuti.(Humas-Umuslim)