Dosen umuslim pemateri worskshop di UGL

Dua Dosen Fakultas Pertanian Universitas Al-Muslim Peusangan Bireuen (Umuslim) menjadi pemateri Workshop bertemakan “Penyusunan Proposal dan Strategi Lolos Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)” bertempat di aula utama kampus UGL di Universitas Gunung Leuser (UGL) Kutacane Aceh Tenggara, (Sabtu, 27 Januari 2022).

Menurut informasi dari Ketua Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Umuslim, Irfannur, S.Kel, M.Si tujuan kegiatan untuk peningkatan SDM dosen dalam memenangkan hibah penelitian dan PKM yang setiap tahun di kompetisikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Acara dibuka Rektor Universitas Gunung Leuser, Kutacane Dr. Indra Utama, M.Pd, menghadirkan pemateri drh. Yusrizal Akmal, M.Si dan Muliari,S.Kel, M.Si. dari Universitas Al-Muslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.

Pada kesempatan tersebut Yusrizal Akmal, mengingatkan kepada dosen untuk rajin merancang proposal penelitian dan PKM melalui lembaga terkait, yakni LPPM.

Tentunya lembaga terlebih dahulu membuat payung tema penelitian dan PkM yang riel dan mampu dilakukan, juga sesuai dengan kompetensi pada program studi yang mengusulkannya.

Sesuai pengumuman pada laman www.dikti.kemdikbud.go.id sekarang sudah mulai dibuka berbagai skema penelitian, mulai dari skema penelitian dasar, program penelitian dasar, penelitian dasar kompetitif nasional, penelitian dasar unggulan perguruan tinggi, program penelitian pembinaan, penelitian dosen pemula, penelitian kerjasama antar perguruan tinggi sampai penelitian Disertasi Doktor, jelas Yusrizal.

Selain itu juga ada program hibah PkM juga tersedia beberapa skema, seperti skema Kemasyarakatan, Program Kemitraan Masyarakat dan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus, rincinya.

Sementara pemateri kedua Muliari,S.Kel.,M.Si pada kesempatan tersebut memberikan tip-tip jitu dalam menyusun tema unggulan serta strategi untuk dapat mengikuti kompetisi hibah, baik dilaksaanakan Dirjen Dikti Ristek ataupun lembaga atau institusi dalam dan luar negeri.

Kami berharap, sedikit hal yang kami sharing hari ini, akan memberi dampak dan spirit pada teman-teman dosen di UGL ini, harap Muliari yang juga menjabat Wakil Rektor III Umuslim.

Acara mendapat sambutan hangat seratusan peserta dari dosen Universitas Gunung Leuser, juga turut dihari Wakil rektor I dan wakil rektor 2 UGL(Humas-Umuslim)