Mahasiswa KKM ajarkan tata cara sholat Jenazah kepada anak usia dini

Sejumlah anak-anak yang belajar praktek sholat jenazah di TPA

Mahasiswa universitas almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen yang sedang melaksanakan kuliah kerja mahasiswa (KKM) di kampung Tanjung Pura kecamatan Bandar kabupaten Bener Meriah melatih dan mengajarkan anak-anak cara melaksanakan sholat jenazah.

Menurut ketua panitia Zahara Nuzula, motivasi mereka melaksanakan program tatacara melaksanakan sholat jenazah, setelah saya amati dari sejumlah anak-anak yang belajar di TPA kampung Tanjung Pura tepatnya di dusun tanjung harapan, kecamatan Bukit masih sedikit dari kalangan anak-anak, bahkan hampir tidak ada yang mengetahui dan bisa melaksanakan tata cara shalat jenazah.

Bahkan saat kami bertanya kepada mereka yang sedang belajar TPA, tentang sholat jenazah, ada yang tidak mengetahuinya tata caranya, ujar Zahara Nuzula.

Itulah sebabnya saya termotivasi melaksanakan program keagamaan ini kepada mereka ujar Zahara Nuzula didampinggi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kkm umuslim Zulkifli. M.kom.

Kegiatan ini diikuti santri dan santriawati TPA di dusun Tanjung Harapan, kampung Tanjung Pura kecamatan Bandar.
Harapan Zahara Nuzula, setelah mereka dilatih dan diajarkan tatacara melaksanakan sholat jenazah, semoga mereka sebagai generasi penerus bisa melaksanakan fardhu kifayah di kemudian hari.

Setidaknya mereka sudah mengetahui urutan atau tata cara shalat jenazah, nantinya mereka hanya perlu menghafal bacaan doa saja, ujar Zahara Nuzula mahasiswi Prodi Geografi Fkip Umuslim.

Mereka satu kelompok terdiri dari anggota Muhajjir, Juniandi Rezeki, Zahara Nuzula, Bunga Fonna, Afrina Putri, Nurul Amalia, Zaitun Nufus, Isma Eliza Fonna.

Selama dilokasi juga mengajarkan dan melatih anak kampung dengan berbagai kerajingan tangan, seperti mengolah kulit jagung menjadi barang bernilai ekonomis.

Selain itu juga memanfaatkan berbagai barang yang tidak terpakai lagi seperti sampah plastik menjadi berbagai keranjingan yang unik dan bernilai Ekonomi ujar Zahara Nuzula didampingi ketua kelompok Muhajjir,(Humas Umuslim)