Mahasiswa Umuslim gelar perlombaan MTQ antar desa

Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah mengelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak- anak antar kampung (desa) se-kecamatan Bandar.

Acara dibuka Sekcam Bandar Rais Arifin, SH, pada kesempatan tersebut menyambut baik kegiatan MTQ, karena program ini dirasakan langsung masyarakat dalam pembinaan bidang keagamaan dan kreatifitas tingkat anak-anak.

Menurutnya kegiatan ini dapat mendorong anak-anak kita, untuk lebih termotivasi belajarnya, harapannya program seperti tidak bersifat sementara, namun juga bisa berkelanjutan guna untuk belajar adik-adik peserta, harapnya.

Menurut ketua panitia Agus Maulana perlombaan MTQ dilaksanakan tanggal 10-13 Februari 2022, bertempat di mesjid Al-Falah kecamatan Bandar kabupaten Bener Meriah.

Peserta perlombaan berasal dari 28 kampung lokasi penempatan KKM umuslim angkatan XXI, dengan katagori peserta dibagi tiga yaitu tingkat SD, SMP dan SMA.

Adapun cabang yang dilombakan, azan, hafalan surat pendek, tilawah, tartil, cerdas cermat dan karya, jelas Agus Maulana didampingi Al Furqan.

Jadwal perlombaan tanggal 10/2 dilaksanakan lomba azan, hafalan surat pendek tingkat SD dan SMP.
Hari kedua tanggal 11 Februari perlombaan tilawah dan tartil tingkat SD dan SMP, hari ketiga tanggal 12/2 dilaksanakan lomba cerdas cermat khusus untuk tingkat SMP.

Hari terakhir Minggu (13/2 ) dilaksanakan lomba karya, lomba ini bertujuan untuk mengubah sampah menjadi barang yang berguna dan menarik.

Lomba karya ini untuk mengugah anak- anak mencintai kebersihan memanfaatkan berbagai sampah menjadi berguna dan bermanfaat, sehingga nantinya mereka tidak membuang sampah sembarangan.

Setiap perlombaan memiliki 2 kategori selain cerdas cermat dan karya setiap perlombaan diwakili 1 orang anak dari masing masing desa dalam setiap kategori.

Sedangkan koordinator camat mahasiswa KKM Khairul Azmi pada kesempatan tersebut menyampaiakan bahwa kegiatan MTQ merupakan salah satu program mahasiswa kkm tingkat kecamatan.

Program bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan program yang kami jalankan di tingkat desa, sekaligus pembinaan karakter anak-anak sesuai dengan aqidah islam dan Al Quran sebagai bekal dewasa di masa depan” ujar koordinator mahasiswa KKM Khairul Azmi

Pihaknya mengucapkan terimaksih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung setiap program yang dijalankan mahasiswa selama di lokasi KKM, sehingga suksesnya setiap program di lapangan yang dilaksanakan mahasiswa sesuai rencana, ujarnya.(Humas-Umuslim)