Peserta KKM Umuslim angkatan XXI Di Bener Meriah kembali ke kampus

Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) angkatan XXI mahasiswa Universitas Almuslim TA 2021/2022 yang melaksanakan pengabdian di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah, sejak tanggal 18 Januari lalu dan telah berakhir pada tanggal 16 Februari 2022.

Berakhirnya semua aktivitas pengabdian mahasiswa ditandai dengan upacara penyerahan kembali mahasiswa oleh Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Bener Meriah Drs.Haili Yoga,MSi dan diterima oleh wakil rektor I Universitas Almuslim Dr.Halus Satriawan,SP.,MSi, berlangsung di Lapangan Setdakab kantor bupati Bener Meriah, Rabu (16/2),sore.

Pada saat menerima penyerahan kembali mahasiswa Umuslim terdiri dari 69 laki-laki, dan 149 perempuan, yang telah melaksanakan KKM selama 30 hari di Kecamatan Bandar kabupaten Bener Meriah, Wakil Rektor I Universitas Almuslim Dr.Halus Satriawan,SP.,Msi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah kabupaten Bener Meriah yang telah memberikan waktu dan kesempatan serta perhatian kepada mahasiswa Universitas Almuslim yang melaksanakan program KKM.

Selanjutnya mahasiswa nantinya akan melakukan penelitian pengembangan di desa/kampung, untuk itu kami meminta izin kembali untuk melakukan hal tersebut di Bener Meriah, ucap Halus Satriawan.

Menurut Halus Satriawan, selama KKM peserta telah berusaha dan berbuat dengan berbagai program di lokasi pengabdiannya, salah satu yang menjadi kenangan, berhasilnya mengaktipkan kembali web desa yang mungkin ada kampung, Web desanya sudah lama tidak pernah terupdate lagi, tetapi ini sudah diaktipkan dan diperbaharui peserta KKM

Ini menjadi satu kenangan dan kebanggaan tersendiri baik peserta dan bermanfaat bagi desa, disamping sejumlah program lainnya, ujarnya.

Selain itu menurut lulusan Program pasaca sarjana IPB Bogor ini juga menyampaikan bahwa, mungkin ditahun berikutnya kegiatan KKM Umuslim akan tetap dilaksanakan kembali di Bener Meriah.

Hal ini menurut Wakil Rektor I Umuslim, hasil penilaiannya, kabupaten Bener Meriah merupakan salah satu daerah yang tepat untuk melaksanakan kegiatan pengabdian semacam KKM.

Hal ini karena kabupaten Bener Meriah, selain mempunyai masyarakat yang ramah dan baik, lokasi dan kondisi alam yang mendukung, juga memiliki banyak objek wisata yang bisa dinikmati oleh para mahasiswa dan mahasiswi sambil melaksanakan kegiatan KKM, untuk itu kami memohon dukungan dari Pemerintah kabupaten Bener Meriah,” harap Halus Satriawan kepada jajaran Pemerintah kabupaten Bener Meriah yang ikut hadir di lokasi upacara penyerahan.

Kemudian sekretaris daerah (Sekda) Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si mewakili Bupati, pada kesempatan tersebut menyampaiakan salam dari pimpinan daerah kepada seluruh peserta KKM dan akademisi Universitas Almuslim.
“Pak bupati dan wakil bupati titip salam kepada adik-adik, beliau berpesan agar adik-adik tetap menjaga kesehatan,”ucap Haili Yoga mengawali sambutannya.

Kemudian Haili Yoga, menyampaikan, bahwa atas nama pemerintah Kabupaten Bener Meriah pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Almuslim Bireuen yang telah melaksanakan KKM di Kabupaten Bener Meriah selama 1 bulan ini.

“Pasti apa yang dilakukan adik-adik selama ini di Bener Meriah bermanfaat buat masyarakat kami, seperti program tentang WEB desa , seperti apa yang disampaiakan wakil rektor tadi, tentunya juga ada umpan balik buat mahasiswa dan mahasiswi sendiri, yang telah mengabdi selama satu bulan di Bener Meriah pastilah mereka banyak belajar segala hal,” papar Haili Yoga.

Kemudian sekda menyampaikan, bahwa generasi sekarang merupakan generasi milenial, dimana generasi ini terus tergantung dengan teknologi informasi, artinya dihadapan kita tidak ada batasnya lagi, baik untuk mengakses hal-hal yang baik maupun hal yang buruk, “adik-adik pasti memiliki media sosial, maka apa yang adik-adik programkan di kampung-kampung tempat adik-adik melaksanakan KKM, sebaiknya di posting di media sosial masing-masing, sehingga teman-teman dapat melihatnya dan bisa memberitahukan kepada temannya yang lain, pinta Haili Yoga sambil memanggil dua orang peserta KKM untuk berdiri di dekatnya.

Ceritakanlah hal-hal yang baik terkait Bener Meriah kepada dunia dan tinggalkanlah hal-hal yang tidak baiknya di Bener Meriah saja,”harapnya.

Di akhir acara dilakukan tukar menukar cendera mata, pada kesempatan tersebut Sekda Haili Yoga dari Pemkab Bener Meriah juga turut memberikan oleh-oleh berupa bubuk kopi kepada pimpinan Umuslim dan acara dikahiri foto bersama .(Humas-Umuslim)