Mahasiswa Prodi Agroteknologi praktek Mekanisasi Pertanian

Sejumlah mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas pertanian Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen melakukan praktek lapangan mekanisasi pertanian.

Program praktek mekanisasi pertanian merupakan salah satu materi perkuliahan mekanisasi pertanian, berupa praktik lapangan pengolahan lahan menggunakan traktor roda dua (hand tractor).

Menurut dosen pengasuh Irwansyah ST,M.Si praktek tersebut dilakukan pada kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (Umuslim) Desa Gampong Raya Dagang Kecamatan Peusangan.

Menurutnya praktek berupa pengolahan tanah secara sederhana ini diikuti antusias mahasiswa, dalam kegiatan tersebut mahasiwa diberi pemaparan alat dan mesin pertanian yaitu materi komponen pada traktor roda dua dan pengoperasian traktor roda dua untuk pengolahan lahan.

Kegiatan praktik ini untuk memantapkan materi mata kuliah mekanisasi pertanian sehingga mahasiswa memiliki hard skill dalam penguasaan alat dan mesin pertanian. ujar Irwansyah ST,M.Si.

Menurut Deviani salah satu mahasiswi yang ikut praktek ini, mengatakan kegiatan dapat menambah wawasan dalam menggunakan peralatan pertanian modern.

Menurut saya selain mendapat materi, saya juga mendapatkan praktik langsung mengoperasikan traktor roda dua dalam mengolah lahan, ujar Deviani didampingi sejumlah temannya.(Humas-Umuslim)