Rektor Umuslim : Lulusan dan Pejabat Umuslim harus memiliki kompetensi 4 C

Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen Dr.Marwan,MPd menginginkan para lulusan dan pejabat di Universitas Almuslim mempunyai kompetensi 4C.

Demikian disampaikan Dr.Marwan,MPd saat menyampaiakan arahan pada pelantikan sejumlah pejabat struktural dalam lingkup Umuslim yang berlangsung di ruang creatif Center gedung MA Jangka, Kampus Umuslim, Rabu (6 /4/2022).

Menurut Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd Umuslim dituntut dapat melahirkan para lulusan sesuai profil kompetensi 4 C dan juga harus dapat dimiliki oleh pejabat di Umuslim.

Adapun kompetensi 4C yang disampaiakan Dr.Marwan,MPd adalah C yang pertama adalah Communication atau komunikasi, kedua Collaboration atau kerjasama, ketiga Critical thinking atau kritis, dan ke empat Creativity and inovation atau kreativitas dan inovasi, jelas Marwan.

Dengan kompetensi 4C ini diharapkan semua kita dapat membangun komunikasi yang baik dalam pergaulan sehari-hari dengan siapapun dikampus dari pejabat sampai satpam dan cleaning servis, ujar Dr.Marwan,MPd sambil menjelaskan beberapa contoh penyampaian komunikasi yang baik dan efektif antara pimpinan dan bawahan.

Kemudian Collaboration atau kerjasama, semua pejabat harus bisa membangun budaya kerjasama antara satu staf dan pegawai lainnya dalam lingkungan kerja dan juga dengan orang diluar lingkungan kerja.

Hilangkan ego sektoral, semua kita dalam satu institusi harus saling membantu dan bekerjasama untuk mencapai visi dan misi serta tujuan universitas, harap Marwan.

Ketiga Critical thinking atau kritis, kita harus besifat kritis dalam arti selalu memberikan masukan-masukan kritis demi perbaikan dan penyempurnaan tugas-tugas yang kita jalankan agar sesuai dengan visi dan misi institusi..

Juga kritis dalam memberikan kritisi positif kepada rektor guna mencapai tujuan kampus Umuslim. “Kita semua juga harus memiliki kreativitas dan inovasi, kita harus memahami 4C ini untuk bisa luluskan lulusan sesuai harapan,” ppaar Dr,Marwan,MPd.

Ke empat Creativity and Inovation atau kreativitas dan inovasi, menurutnya kita harus selalu kreatif dan inovatif dalam bekerja untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat.

Hal ini semuanya untuk mempertahakan apa yang sudah kita raih selama ini, karena Umuslim sudah ditetapkan sebagai PTS terbaik di Aceh, maka diperlukan berbagai upaya dan usaha dari seluruh civitas akademika untuk bisa mempertahankanny, mempertahankan lebih sulit dari pada meraihnya, kita harus dapat memberi pelayanan prima kepada semua pihak, harap Dr.Marwan,MPd.

Selain itu Dr Marwan, MPd juga berharap kepada semua dosen Umuslim agar disiplin waktu, baik saat masuk dan keluar mengajarkan mahasiswa di kampus, hal ini nanti dievaluasi lagi, ungkap Dr.Marwan.MPd dihadapan sejumlah pejabat yang dilantik dan unsur organ Yayasan Almuslim, serta Prof Saiki Natsuko dari Dosen tamu Internasional Umuslim dari NGU Jepang.(Humas-Umuslim)