Monitoring dan Evaluasi Kuliah Kerja Mahasiswa Universitas Almuslim 2014

Kuliah kerja mahasiswa merupakan bagian dari penyelenggaraan pendidikan  dalam bentuk kegiatan pengamalan agama, ilmu,  teknologi, dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat. Kuliah kerja mahasiswa dilaksanakan secara melembaga dan terstruktur sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi, yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa program studi apa saja di semua Fakultas (S1) di Universitas Almuslim dengan status intrakurikuler wajib.

Dalam pelaksanaannya kuliah kerja mahasiswa mempunyai ciri khas sendiri yaitu:

1. Antar disiplin Ilmu, ‘cross sectoral’, dan komprehensif.
Adapun pola fikir yang dikembangkan dalam pelaksanaan kuliah kerja mahasiswa adalah kerja langsung yang merupakan suatu yang realitas bukan hanya sekedar teori. Dengan dasar bahwa setiap problematika di dalam kehidupan masyarakat yang begitu kompleks yang antara satu dan lainnya saling terhubung (complicated), dan jalan keluar untuk penyelesaiannya juga tidak dapat menggunakan satu disiplin ilmu saja, akan tetapi membutuhkan penyelesaian yang menggunakan pendekatan antar disiplin ilmu, sehingga dapat mengatasi permasalahan secara mudah dan komprehensif.

2. Memiliki dimensi yang  luas, pragmatis, dan praktis.
Kuliah kerja mahasiswa diharapkan dapat membantu masyarakat walaupun dalam skala kecil dalam mengatasi permasalahan yang beragam yang membutuhkan berbagai disiplin ilmu. Tidak membedakan ilmu eksakta ataupun non eksakta, baik pendekatan yang membutuhkan teknologi ataupun tanpa teknologi. Dengan beragam disiplin ilmu yang dimiliki mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan diharapkan akan memberikan sumbangsih yang praktis dan pragmatis. Dapat memberikan solusi pemecahan permasalahan yang dihadapi masyarakat di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara.

Diharapkan dalam kuliah kerja mahasiswa ini mahasiswa dapat meramu dan bekerja atas dasar lintas bidang studi yang ditekuninya, sehingga ke depannya mereka memiliki pemikiran yang dapat dikembangkan untuk kemaslahatan orang banyak. Yang membantu Pemerintah dalam melahirkan generasi muda yang bukan hanya tahu teori dalam bidang ilmunya saja, akan tetapi melahirkan generasi yang tangguh, siap dalam menghadapi semakin kompleksnya permasalahan kemasyarakatan ke depan.

3. Memadukan keselarasan antara pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang termaktub di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perjalanan sehari penuh dengan Wakil Rektor IV Bapak Dr,Sujiman A.Musa, MA, Dekan Fakultas Pertanian Bapak Ir.T.M.Nur, M.Si, Saudara Deni, dan saya sendiri (Al Azhar) dalam rangka monitoring dan evaluasi KKM mahasiswa Universitas Almuslim Angkatan XIII, tahap I, Tahun Akademik 2014-2015 di wilayah Kabupaten Aceh Utara, Kecamatan Baktiya.
Begitu banyak yang sudah mahasiswa lakukan walaupun dalam waktu yang begitu singkat, seperti antara lain:
1.     Penyuluhan dan penataan kelembagaan Gampong.
2.     Semi MTQ (untuk Tkt SD dan MI).
3.     Pelatihan pengetahuan dasar berorganisasi bagi ibu-ibu PKK.
4.     Acara lomba Seni/Puisi (untuk Tkt SD dan MI).
5.     Acara lomba Azan (untuk Tkt SD/MI).
6.     Kebun Gizi.
7.     Sensus Penduduk dan pemberian label di rumah penduduk.
8.     Penamaan jalan dan gang.
9.     Perbaikan pagar Meunasah.
10.   Pelatihan Bahasa Inggris, dan mata pelajaran lain.
11.   Ceramah tentang Narkoba, HIV Aid, dan Reproduksi.

Dan hal-hal lain yang tak dapat saya sebutkan satu persatu, tapi dapat kita maknai sebagai sebuah kerja besar buat mahasiswa. Perlu kita catat semua itu bermuara kepada penyerahan diri kepada Allah SWT, sebesar atau sekecil apapun yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Almuslim, kita berikan apresiasi yang baik apalagi acara KKM ini akan diakhiri dengan ‘Tabligh Akbar’ pada tanggal 15 Desember 2014, Pukul 20.00 WIB di Masjid Besar Pase, Panton Labu. Adapun penceramahnya tidak asing lagi bagi mahasiswa Universitas Almuslim, juga kita semua yaitu ‘Juara 3 Aksi Indosiar 2014’ yaitu M.Fadhli yang juga mahasiswa Universitas Almuslim Prodi Bahasa Inggris. (al)