17 dosen Umuslim terpilih sebagai Duta kampus Merdeka 2022

Setelah meraih berbagai prestasi dalam program implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Almuslim kembali menoreh prestasi membanggakan, dimana sejumlah dosen dan mahasiswa berhasil lulus sebagai peserta program berkaitan dengan MBKM.

Baru saja diumumkan sebanyak 17 orang dosen Universitas Almuslim lulus sebagai Dosen Kampus Merdeka (DKM), satu orang lulus sebagai DPL Magang dan Studi Independen Batch II MBKM dan tiga orang mahasiswa lulus program Alumni Kampus Merdeka (AKM).

Duta Kampus Merdeka adalah komunitas para dosen perguruan tinggi yang tergerak untuk berkontribusi dalam mengakselerasi sosialisasi dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di seluruh Indonesia.

Tujuannya agar para dosen dan pimpinan perguruan tinggi berperan dalam transformasi pendidikan tinggi dan eksistensi kampus ke depan melalui implementasi kebijakan MBKM.

Menurut koordinator program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Universitas Almuslim Misnawati, M.Pd, proses seleksi dan pendaftaran program DKM dimulai pada Desember 2021 lalu, kemudian seleksi, dimana peserta diminta mendeskripsikan alasan bergabung menjadi DKM dan menceritakan pengalamannya terlibat dalam implemetasi program MBKM baik ditingkat internal maupun eksternal kampus.

Dari serangkaian proses tersebut baru saja (Bulan Mei) pengumuman yang lulus sebagai peserta DKM, Alhamdulillah sebanyak 17 orang dosen Universitas Almuslim lulus sebagai peserta Dosen Kampus Merdeka (DKM), ungkap Misnawati,MPd.

Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan,MPd mengucapkan syukur atas keberhasilan dosen dan mahasiswa Umuslim meraih berbagai prestasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM.), program yang digagas mas Nadiem Makarim (Kemendikbud Ristekdikti).

Keberhasilan ini tentunya membawa efek sangat besar bagi pengembangan karier dosen dan peningkatan kualitas akademik Universitas Almuslim secara umum, ujar Dr.Marwan,M.Pd.

Tambah Marwan lagi program DKM ini bisa dikatakan sebagai sekumpulan dosen yang akan membantu pelaksanaan atau penerapan dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Harapannya semoga dosen ini bisa menjalankan amanah dengan baik, bisa berpartisipasi dan berkontribusi melakukan berbagai inovasi pendidikan dalam rangka menyukseskan program kampus Merdeka Belajar Kampus Merdeka, ujar Rektor Umuslim.

Adapun nama dosen Universitas Almuslim yang lulus menjadi anggota komunitas Duta Kampus Merdeka (DKM) Tahun 2022 sebagai berikut :

  1. Misnawati, M.Pd. (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris).
  2. Dr. Silvi Listia Dewi, M.Pd (Prodi Bahasa Inggris)
  3. Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt., S.Ag.,MM., IPM., Asean Eng (Magister (S2) Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan)
  4. Dr. Sumanti.M.Pd (Fkip )
  5. Dr. M. Rasyidin, SE., M. Sc., AFA (Prodi Ekonomi Pembangunan)
  6. M. Saleh, SE, MSi ( Prodi Ekonomi Pembangunan)
  7. Dewi Maritalia, SST., M.Kes (Program Diploma III Kebidanan)
  8. Nuraina, S.Tr.Keb., M.Keb (Program Diploma III Kebidanan)
  9. Fatma Zuhra, M.Pd (Prodi PGSD)
  10. Jamaluddin, SE.,M.Si (Prodi Administrasi Bisnis).
  11. Muhammad Rizal, S.Pd.I., MA. ( Prodi Pendidikan Geografi).
  12. Nanda Safarati, M.Pd (Prodi Pendidikan Fisika).
  13. Rahma, M.Pd (Prodi Pendidikan Fisika).
  14. .Sharfina, M.Pd (Prodi Pendidikan Fisika).
  15. Rahmi Hayati, M.Pd (Prodi Pendidikan Matematika).
  16. Syifa Saputra, S.Pd., M.Pd (Prodi Pendidikan Biologi),
  17. Afkar, S.Pd, M.Pd (Prodi Pendidikan Biologi).

Selain itu juga diumumkan satu orang dosen umuslim atas nama Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt., S.Ag., MM.,IPM., Asean Eng. dinyatakan lulus sebagai DPL Magang dan Studi Independen Batch II MBKM dan untuk mahasiswa ada tiga orang lulus program Alumni Kampus Merdeka (AKM) bergerakAKM yaitu

  1. Nurulyana (pendidikan bahasa inggris)
  2. Rahmi hayati (Pendidikan bahasa inggris)
  3. Muhammad Achdan Tharis (Ilmu Hubungan Internasional).(Humas-Umuslim)