Calon mahasiswa baru Umuslim ikut tes UTBK

Suasana peserta UTBK di laboratorium multimedia Umuslim

Sebanyak 1.383 calon mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, yang mendaftar tahap I mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara, dan kesehatan bertempat di Kampus Universitas Almuslim Matangglumpang dua, Peusangan, Senin dan Selasa (13-14/6/2022).

Menurut ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru (SPMB) Universitas Almuslim (Umuslim) Ajmir Akmal SP MSi, bahwa peserta tes UTBK ini merupakan calon mahasiswa yang telah mendaftar pada tahap I.

Pelaksanaan tes selama dua hari secara offline mulai Senin 13 s/d 14 Juni 2022 dalam tiga ruangan Laboratorium Robotics dan Multimedia kampus Umuslim, setiap hari lima sesi dan satu sesi diikuti oleh 80 peserta, jelasnya.

Mereka akan mengikuti serangkaian tes berupa Tes Potensi Akademik (TPA), sedangkan bagi calon mahasiswa memilih FKIP, diwajibkan mengikuti wawancara dan bagi yang memilih Diploma III Kebidanan harus mengikut tes kesehatan, jelas Ajmir.

Rektor Umuslim, Dr Marwan, MPd disela-sela pemantauan ujian mengatakan, bahwa melalui ujian ini diharapkan bisa melihat tingkat kemampuan peserta yang masuk ke Umuslim.

Kita ingin mendapatkan nilai awal dan standar mahasiswa, kita sudah mengetahui berapa skor nilainya dan kemampuannya, ini penting untuk Tes Potensi Akademik (TPA),” jelas Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd didampingi Wakil Rektor I Dr Halus Satriawan, MSi, Wakil Rektor III Muliari, SKel MSi.

Itulah tujuan kita mengatakan tes UTBK ini, khusus yang memilih Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) juga diwajibkan untuk tes wawancara dan yang memilih Program diploma III Kebidanan juga harus ikut tes kesehatan.

Rektor Umuslim mengharapkan, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mampu menjawab semua soal sudah diujikan.

“Bagi peserta yang berhalanagan hadir dengan alasan yang bisa dipertanggung jawabkan seperti misalnya sakit dan hal-hal lain, diberi dispensasi untuk ikut ujian pada tahap kedua, ujar Dr.Marwan,MPd.(Humas-Umuslim).