Mahasiswa Prodi Geografi Umuslim kuliah lapangan di kantor Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA)

Sejumlah mahasiswa Programn Studi pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen melakukan kunjungan kuliah kerja lapangan di kantor Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Rabu (22/6/2022).

Menurut ketua Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Umuslim Wahyudi, M.Pd kegiatan ini merupakan kegiatan wajib perkuliahan yang bertujuan untuk mengiplementasikan apa yang telah dipelajari secara teori dan pengaplikasian dilapangan.

Tujuan kegiatan ini untuk dapat menambah wawasan serta keilmuan mahasiswa dalam kesiapsiagaan bencana. harapan kedepan mahasiswa Geografi ikut berperan aktif serta mensosialisasikan kesiapsiagaan bencana di masyarakat.

Tujuan kegiatan ini untuk dapat menambah wawasan serta keilmuan mahasiswa dalam kesiapsiagaan bencana. harapan kedepan mahasiswa Geografi ikut berperan aktif serta mensosialisasikan kesiapsiagaan bencana di masyarakat.

Sehingga mahasiswa dapat menguji ilmunya secara langsung dari apa yang sudah dipelajari selama perkuliahan.

Harapan kita semoga perkuliahan lapangan ini memberi manfaat yang besar bagi mahasiswa sesuai tuntutan program MBKM.

Kemudian dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) diwakili Sekretaris BPBA Ir. Muhammad Syahril, MM pada kesempatan tersebut menyambut baik kedatangan mahasiswa prodi Pendidikan Geografi ke kantor BPPB Aceh.

Dalam perkuliahan lapangan tersebut disampaiakn materi tentang hal yang berkaitan dengan kebencanaan oleh Fazli, SKM., M.Kes (Kepala seksi kesiapsiagaan BPBA).

Fazli, SKM., M.Kes menyampaikan bahwa mengatasi bencana di Aceh bukan hanya semata mata dari BPBA atau BPBD, tetapi merupakan kewajiban kita bersama salah satunya mahasiswa.

Maka kami mengajak mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi dengan masyarakat dengan memperkenalkan mitigasi bencana, hal ini demi mewujudkan masyarakat yang tangguh bencana.

Adanyan program kuliah lapangan ini bisa terjalin kerjasama yang baik antara BPPD Aceh dengan kampus Universitas Almuslim Bireuen, harapanya.

Sehinggga kedepan akan memudahkan civitas akademika khususnya mahasiswa dalam melaksanakan berbagai kegiatan secara bersama BPBA .

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Universitas Almuslim didampingi Wahyudi, M.Pd (ketua Prodi Pendidikan Geografi), Muslihin, M.Pd, Iskandar M.Pd, Suryadi (Pendamping Lapangan).(Humas-Umuslim)