Prodi Peternakan Umuslim Bentuk Tim Pengawasan PMK

Dalam rangka berpartisipasi pada pemotongan hewan Qurban Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M, Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim membentuk tim khusus untuk pencegahan PMK dalam pelaksanaan pemotongan Hewan Qurban di beberapa lokasi di Kabupaten Bireuen.

Tim terdiri dosen dan mahasiswa yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Peternakan (HMJP) Fakultas Pertanian Universitas Almuslim.

Menurut ketua prodi Peternakan Koji Al Adam.S, S.Pt., M.Si, pihaknya telah membentuk tim khusus terdiri dari dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam wadah Himpunan Mahasiswa Jurusan Peternakan (HMJP) untuk membantu pemerintah dalam mengatasi dan menekan penyebaran penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku) pada pelaksanaan pemotongan Hewan Qurban dibeberapa lokasi di Kabupaten Bireuen.

Untuk kelancaran pelaksanaan pemantauan dan pelaksanaan pencegahan, kami telah memberi pembekalan kepada mahasiswa/mahasiswi yang akan turun kelapangan nantinya, pada tanggal 24-27 Juni 2022.

Pemateri pembekalan tersebut terdiri dari dosen yang sudah berpengalaman seperti Dr. Drh. Zulfikar., M.Si, Dr. Yayuk Kurnia Risna. S.Pt., M.P., Dr. Ir. Sitti Zubaidah. S.Pt., S.Ag., MM, IPM, ASEAN. Eng.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim, Dr. Elfiana. SP., M.Si menambahkan bahwa dalam rangka mendukung upaya pemerintah menghadapi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan terutama sapi, maka perlu dibentuk tim supervisi untuk mengawal jalannya kegiatan pemotongan / Qurban Idul Adha 1423 H / 2022 M .

Kemudian secara terpisah Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan,MPd menyambut baik program yang dilaksankan prodi Peternakan Fakultas Pertanian dalam hal mengantisipasi keresahan masyaarkat khususnya peternak dan pelaksanaan pemotongan hewan qurban ditengah merebaknya penyakit PMK pada ternak..

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk bisa mengetahui dan mengantisipasi penularan wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) pada pelalsanaan pemotongan hewan Qurban di kabupaten Bireuen, harap Marwan.

Bagi mahasiswa yang terlibat, kami harapkan pengabdian ini dapat menambah ilmu dan pengalaman secara langsung dalam meningkatkan pengabdian sebagai implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), harap Rektor umuslim Dr.Marwan,MPd.(Humas-Umuslim).

Sumber Foto : Ramadhan