Talkshow Ilmiah dan Diskusi Inovasi Kekayaan Intelektual Universitas Almuslim – Edisi#3

Pusat Pengembangan Inovasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Almuslim kembali mengadakan kegiatan Talkshow dan Diskusi Ilmiah secara daring menggunakan media zoom dengan tema Creative and Innovative for The Future, membahas tentang Hak Cipta dari Invensi Kekayaan Intelektual Individu atau Kelompok.

Kegiatan edisi 3 ini di buka oleh Ketua Pusat Pengembangan Inovasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Almuslim oleh Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt., S.Ag., MM., IPM., ASEAN Eng , secara daring pada hari Rabu,( 22/6/20222).

Menurut Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt., S.Ag., MM., IPM., ASEAN Eng, kegiatan Talkshow dan Diskusi Ilmiah edisi 3 merupakan lanjutan dari kegiatan ke satu dan dua yang dilaksanakan tanggal 08 Juni 2022 dan edisi kedua tanggal 15 Juni 2022 lalu.

Kalau kegiatan edisi pertama dan kedua menghadirkan pemateri Ketua HKI UGM dan Ketua HKI UB, sedangkan Edisi 3, narasumbernya Dr. Ir. Akhyar, ST., MT., MP., IPM., ASEAN Eng, Ketua Sentra HKI Universitas Syiah Kuala, jelas Sitti Zubaidah.

Menurut narasumber dalam paparnnya Hak Cipta ini sangat bermanfaat sekali bagi dosen dalam mempercepat kenaikan fungsional akademik menjadi Guru Besar, begitu juga untuk para guru SMK.

Di Universitas Syiah Kuala untuk kegiatan Inovasi dan HKI ini didukung oleh Universitas dengan memberikan insentif atau reward bagi para akademisi yang berhasil mendapatkan Hak Cipta, ujarnya.

Lembaga akan membantu dan memfasilitasi serta memberikan semangat kepada dosen USK dalam mengusulkan Hak Ciptanya apabila ada dosen yang berhasil menciptakan Inovansi baik secara individu ataupun kelompok, ungkap Dr. Ir. Akhyar, ST., MT., MP., IPM., ASEAN Eng

Selain itu apabila dosen mengusulkan Hak Cipta ke Direktorat Jenderal Kekayaan Inteletual melalui sentra HKI USK, dosen akan mendapatkan biaya registrasi yang lebih murah dibandingkan dilakukan secara langsung, tambahnya .

Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd berharap kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Inovasi dan HKI Universitas Almuslim dapat terus memberikan manfaat kepada para akademisi Umuslim dan pihak diluar kampus Universitas Almuslim.

Kegiatan Talkshow Ilmiah ini masih tetap dihadiri dari berbagai kalangan yatu Dosen dan Mahasiswa Universitas Almuslim, Pegawai Pemerintah dari Bappeda Aceh dan dari Guru Sekolah Kejuruan yang ada di Aceh.

Berbagai tanggapan yang diberikan oleh para peserta yaitu kegiatan Talkshow Ilmiah terkait Kekayaan Intelektual sangat menarik, komprehensif, sangat bagus materi yang disampaikan dan sangat bermanfaat dan berharap kegiatan seperti ini tetap terus dilanjutkan oleh Pusat Pengembangan Inovasi dan Kekayaan Intelektual Universitas Almuslim.(Humas-Umuslim)