Dosen dan mahasiswa Umuslim lakukan Riset Keilmuan pada BUMG Malaka

Sejumlah dosen dan mahasiswa dari program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim melakukan riset keilmuan dan pendampingan pengembangan pada Badan Usaha Milik gampong (BUMG) Malaka Gampong Jangka Alue Bie, kecamatan Jangka kabupaten Bireuen, Kamis, (7 Juli 2022.).

Kegiatan dimulai berupa Riset keilmuan pada BUMG Malaka yang merupakan salah satu BUMG bergerak dibidang pakan ikan, dan pernah mendapat penghargaan inovasi daerah tingkat nasional dari kementerian desa beberapa waktu lalu.

Hasil riset menunjukan bahwa selama ini BUMG dalam pelaksanaan produksi harian mendapat kendala pemenuhan bahan baku murah, serta kendala dalam formulasi pakan, sehingga kadar protein pakan tidak memenuhi standar pakan yang ditentukan.

Maka dosen dan mahasiswa program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim melakukan program riset keilmuan bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan membuat formula pakan yang dapat memenuhi standar pakan yang diberlakukan.

Program riset keilmuan tersebut diharapkan BUMG Malaka mendapatkan solusi tentang formulasi pakan ikan yang tepat dengan memanfaatkan bahan baku lokal,jelas ketua tim riset Rindhira Humairani, S.Pi, M.Si.

Program ini juga sebagai wujud Implementasi MoU dan program MBKM melalui program riset keilmuan “Formulasi Pakan Ikan Buatan Berbasis Sumberdaya Lokal pada BUMG Malaka”, ujar Rindhira.

Kemudian pada kesempatan tersebut Afriadi selaku Sekdes Jangka Alue Bie didampingi Direktur BUMG, M.Isa menyebutkan kendala terjadi di penjualan karena belum adanya izin produksi yang dikeluarkan oleh KKP.

Harapan kami kehadiran tim riset dosen program studi akuakultur fakultas pertanian Umuslim dapat memberi solusi pengembangan formulasi pakan, peningkatan kapasitas produksi dan mutu pakan serta memfasilitasi berbagai hal menyangkut pemasaran, harap Afriadi.

Menurut Geuchik Gampong Jangka Alue Bie Rusli Sulaiman, menyampaikan bahwa sebelumnya dosen prodi Akuakultur umuslim bersama tim dosen UIN Ar-Raniry Bamda Aceh dan DPMG Provinsi Aceh juga telah pernah melakukan penyuluhan terkait perizinan, sekarang telah mengusulkan paten merek difasilitasi LPPM Universitas Almuslim, jelasnya.

Juga Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bireuen, telah diberikan bantuan karung pakan dengan desain merek diusulkan pihak LPPM Universitas Almuslim.

Menurut ketua tim riset keilmuan di BUMG Malaka Rindhira Humairani, S.Pi, M.Si menyampaikan pelaksanaan program ini selama 6 bulan dan pihaknya dalam melakukan riset keilmuan pada BUMG Malaka ini melibatkan sejumlah dosen dan mahasiswa seperti Irfannur, S.Kel, M.Si, Rinaldi, S.Pi, M.Si dan berkolaborasi sejumlah mahasiswa program studi Akuakultur, prodi Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Almuslim.

Dalam pelaksanannya kami melakukan penyusunan formulasi pakan untuk menghasilkan pakan berkualitas memanfaatkan bahan baku lokal.

Bahan baku didapat hasil survei dan telah lulus kategori ketersediaan barang dan harga serta sebagai sumber protein hewani dan nabati, Kemudian diuji proksimat untuk menentukan kadar protein dan formulasi pakan, jelas Rindhira Humairani, S.Pi, M.Si.

Survei dilakukan untuk melihat kontinuitas ketersediaan barang dan harga dengan melakukan interview dan observasi di lapangan, di wilayah Kabupaten Bireuen dan Banda Aceh dengan mengunjungi pusat pasar pada tiap Kecamatan, pabrik pengolahan, Tempat Pendaratan Ikan (TPI), sawah dan ladang penanaman ubi dan jagung, urainya.

Irfannur, S.Kel, M.Si selaku Ketua Program Studi Akukultur didampingi Rinaldi, S.Pi, M.Si penanggung jawab dalam pengujian pakan mengatakan, mutu pakan yang di uji adalah mutu kimia berupa kadar proksimat dikirim ke Baristand Banda Aceh, profil asam amino dan komposisi asam lemak, mutu fisik berupa daya apung, dan ketahanan pakan dan telah dilakukan pengujian pada ikan bandeng dan ikan nila.

Kegiatan program riset keilmuan dosen dan mahasiswa universitas almuslim tentang “Formulasi Pakan Ikan Buatan Berbasis Sumberdaya Lokal pada BUMG Malaka”, Gampong Jangka Alue Bie, Kecamatan Jangka, dibuka Geuchik Gampong Jangka Alue Bie Rusli Sulaiman, turut dihadiri tokoh masyarakat Desa Jangka Alue Bie, pengurus dan anggota BUMG Malaka serta sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Almuslim.(Humas-Umuslim).