Implementasi Program MBKM di Umuslim mengalami peningkatan

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan.

Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan,MP saat dikonfirmasi berkaitan lulusnya sejumlah dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari program MBKM secara nasional menjelaskan bahwa Perguruan Tinggi memberikan hak dan kewajiban kepada mahasiswa untuk belajar diluar program studi selama tiga semester yang dapat diambil diluar prodi didalam PT dan diluar PT, sesuai tujuan dari program MBKM ujarnya.

Diharapkan mahasiswa mampu melakukan adaptasi teknologi, aktualisasi minat dan potensi menjadi partner dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi serta dapat menumbuhkan jiwa sosial, kepimpinan, pemecahan masalah, berpikir kritis dan soft skills lainnya.

Pihaknya terus mendorong dosen dan mahasiswa untuyk terlibat aktip dalam program MBKM, saat ini Umuslim sudah mengimplementasikan program MBKM dalam silabus dan kurikulum pembelajaran di semua program studi, jelas Dr.Marwan,MPd.

Selain itu juga dilakukan pengembangan kurikulum, yang merupakan kegiatan berkesinambungan sebagai uapaya menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS), scientific vision, yang merupakan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder needs) masa yang akan datang, ujar Marwan.

Saat ini hampir semua prodi akan melakukan pemutakhiran kurikulum, jadi dengan lulusnya dosen dan mahasiswa dalam program MBKM dapat menjadi penguat dalam penyesuaian kurikulum di Universitas Almuslim.

Alhamdulillah, upaya tersebut sudah mengalami peningkatan, hal tersebut terbukti dari perkembangan terjadinya peningkatan dosen sebagi DPL dan mahasiswa yang lulus sebagai peserta program MBKM secara nasional, bahkan baru saja dapat informasi salah seorang dosen lulus sebagai Duta Kampus Merdeka Area 1.

Secara terpisah Wakil Rektor I Umuslim Dr. Halus Satriawan, S.P,. M.Si menyampaikan bahwa pada program MBKM dalam hal Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri Tahap 1 (PMM-DN1), ada dua orang mahasiswa Universitas Almuslim lulus sebagai peserta.

Sedangkan pada PMM-DN 2 lulus sebanyak 12 mahasiswa, begitu juga pada flagship Kampus Mengajar angkatan pertama lulus sebanyak 11 mahasiswa dan DPL sebanyak 17 orang dosen.

Angkatan ke 2 mahasiswa lulus sebanyak 10, dan angkatan 3 lulus 13 mahasiswa dan DPL lulus sebanyak 25 dosen, urai Halus Satriaawan.(Humas-Umuslim).