Umuslim kirim mahasiswa Ke UPI Bandung

Sebanyak 28 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen berangkat Ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Pelepasan keberangkatan mahasiswa Umuslim Ke UPI Bandung dilakukan oleh Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd dalam suatu sederhana turut dihadiri orang tua wali mahasiswa, berlangsung di ruang rapat Ampon Chik Kampus Umuslim, Kamis, (18/8).

Keberangkatan sejumlah mahasiswa PGSD Universitas Almuslim dalam rangka mengikuti perkuliahan selama satu semester di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dalam rangka implementasi program pertukaran mahasiswa MBKM juga merupakan realisasi implementasi Kerjasama (MoU) yang telah dilakukan kedua Universitas.

Pertukaran mahasiswa ini merupakan kegiatan lanjutan dari Program Hibah Program kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2022 yang selenggarakan Kemendikbudristek dikti, dan program studi PGSD Fkip Universitas Almuslim merupakan salah satu prodi yang mendapatakan hibah tersebut.

Menurut Dekan FKIP Umuslim Drs. M. Taufiq, M.Pd didampingi ka prodi PGSD Asrul Karim,MPd, pertukaran mahasiswa PKKM dilaksanakan secara luring, dengan rincian 17 orang peserta duduk semester III dan 11 mahasiswa semester V.

Mahasiswa berangkat ke Bandung tanggal 24 Agustus 2022, akan berada disana selama satu semester (6 bulan ).

Program pertukaran mahasiswa ini merupakan pelaksanaan program pertukaran kedua tahun 2022, setelah tahap I tiga bulan lalu mengirimkan tiga mahasiswanya ke Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang, ujar M.Taufiq.

Dia mengharapkan agar mahasiswa jangan menyia-nyiakan kesempatan baik ini, karena walaupun kuliah di Prodi PGSD Universitas Almuslim Peusangan kabupaten Bireuen, namun berkesempatan mengenyam pendidikan atau belajar bersama mahasiswa dan dosen di Program Studi PGSD UPI Bandung selama 1 semester.

Menurut M.Taufiq, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung merupakan salah satu universitas terbaik dan terkemuka bidang kependidikan di Indonesia.


Sedangkan Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan M.Pd saat silaturahmi dengan orang tua wali mahasiswa peserta program magang, menyampaikan program studi PGSD terakreditasi A merupakan salah satu program studi yang rutin mengikutsertakan mahasiswanya dalam berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tujuan program ini untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa memperoleh pengalaman belajar di kampus mitra, serta meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya, jelasnya.

Melalui program pertukaran ini, Rektor Universitas Almuslim mengharapkan terjadinya asimiliasi budaya Aceh dan budaya dari luar Aceh, baik segi kehidupan, maupun dari segi pelaksanaan Pendidikan.

Juga untuk menyelenggarakan transfer ilmu pengetahuan untuk menutupi disparitas pendidikan baik antar perguruan tinggi dalam negeri, maupun kondisi pendidikan tinggi dalam negeri dengan luar negeri.

Selain itu Rektor umuslim Dr.Marwan,MPd juga menambahkan bersamaan keberangkatan 28 mahasiswa Ke UPI Bandung juga ada satu orang mahasiswa berangkat ke Eakkapapsanawich School, di Krabi, Thailand untuk melakukan program KKN/PPL.

“Minggu lalu juga telah dilakukan pelepasan sebanyak 16 mahasiswa Universitas Almuslim mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) 2 mengikuti perkuliahan di 12 Universitas di seluruh Indonesia, ungkap Dr.Marwan,MPd.(Humas-Umuslim).